Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 06 Mei 2022 17:02 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Ini Bisa Melayang di Udara Selama Berbulan-bulan

Pesawat Solar Impulse 2
Pesawat tenaga matahari Solar Impulse 2 (Foto: CNN)
Jakarta -

Ada kabar dari sebuah pesawat yang bisa melayang selama berbulan-bulan. Lalu, apa kegunaan nantinya dari pesawat unik ini?

Diberitakan CNN, Jumat (6/5/2022), pada tahun 2016, sebuah pesawat yang tampak aneh, ditutupi dengan lebih dari 17.000 panel surya. Sekilas, ini menunjukkan kepada dunia tentang masa depan penerbangan.

Dengan lebar sayap seperti Boeing 747, tetapi beratnya hanya sebesar SUV. Pesawat ini mengelilingi Bumi tanpa menggunakan setetes bahan bakar.

Disebut Solar Impulse 2, pesawat itu gagasan penjelajah Swiss Bertrand Piccard dan insinyur Swiss Bertrand Borschberg, dibangun untuk memamerkan potensi energi terbarukan.

Setelah penerbangannya yang memecahkan rekor, ia telah mencapai tujuannya. Sekarang pesawat itu mendapatkan kesempatan hidup yang baru.

Pesawat Solar Impulse 2Pesawat tenaga matahari Solar Impulse 2 (Foto: CNN)

Pada tahun 2019, pesawat itu dibeli oleh Skydweller Aero, sebuah perusahaan rintisan AS-Spanyol yang bertujuan untuk mengubah pesawat menjadi satelit semu pertama yang layak secara komersial di dunia.

Pesawat ini diharapkan mampu melakukan pekerjaan satelit yang mengorbit, tetapi dengan lebih banyak fleksibilitas dan dampak lingkungan yang lebih sedikit.

"Satelit semu adalah pesawat yang tetap terbang, katakanlah, tanpa batas waktu," kata CEO Skydweller, Robert Miller.

"Itu berarti terbang selama 30, 60, 90 hari, mungkin setahun. Dan dengan demikian, pada dasarnya ia dapat melakukan apa pun yang Anda bayangkan dapat dilakukan oleh satelit," terang dia.

"Itu termasuk menyediakan telekomunikasi dan pencitraan Bumi, serta tanggap bencana dan pemantauan sumber daya alam," imbuh dia.

Selanjutnya, biaya murah dan hijau >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Ledakan di Bandung
Ledakan di Bandung Selengkapnya