Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jun 2019 22:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Semut Peluru dan Rasa Sakit 24 Jam

Afif Farhan
detikTravel
Semut peluru di Amazon (iStock)
Semut peluru di Amazon (iStock)
Brasilia - Semut peluru adalah salah satu spesies semut terbesar di dunia. Bahkan disebut berbahaya, karena gigitannya bisa menimbulkan rasa sakit 24 jam!

Banyak binatang yang unik di dunia, seperti dari ukuran atau 'senjata-senjatanya' yang mematikan. Di hutan Amazon, Amerika Selatan bukan hanya ikan piranha yang terkenal sangar. Ada juga, si Paraponera clavata alias semut peluru.

BACA JUGA: Black Piranha, Ikan Paling Mematikan di Dunia

Dilansir dari BBC Earth, Kamis (27/6/2019) seorang ahli entomologi (yang mempelajari tentang serangga) Dr Justin Schmidt dari Southwestern Biological Institute, AS pernah menggelompokan gigitan-gigitan serangga yang paling berbahaya. Semut peluru ada di level 4 sejajar dengan tawon pemangsa tarantula.

Di level 3 ada tawon kertas dan semut pemanen. Di level 2 yakni lebah madu dan tawon vespula, di level 1,5 ada semut 'bullhorn acacia' dan di level 1 ada semut api serta lebah keringat.

Semut peluru yang gigitannya berbahaya tampak dari dekat (iStock)Semut peluru yang gigitannya berbahaya tampak dari dekat (iStock)


Apa bahayanya semut peluru?

"Gigitan semut peluru adalah suatu hal yang tidak ingin kamu tahu," kata Dr Justin Schmidt.

Justin menjelaskan, dinamakan semut peluru karena rasa sakit dari gigitannya seperti terkena tembakan peluru. Tapi menurutnya yang pernah terkena gigitan semut tersebut, rasa sakitnya lebih dari itu.

"Bayangkan jika Anda berjalan di atas arang yang panas dengan paku 3 cm yang tertancap di tumit. Ya seperti itu," terang Justin.

Semut peluru yang berwarna hitam (iStock)Semut peluru yang berwarna hitam (iStock)


Bahkan, gigitan semut peluru dapat membuat manusia merasakan rasa sakit 12-24 jam. Tubuh akan menjadi lemas, panas dingin dan lain sebagainya. Bisa-bisa sampai pingsan!

"Rasa sakitnya begitu intens," tegas Justin.

Semut peluru ukurannya bisa mencapai 3 cm. Begitu besar ukurannya dan mudah mengenalinya di hutan Amazon.

(iStock)(iStock)


Menariknya, Suku Mawe di hutan Amazon justru punya tradisi penanda kejantanan seorang pria melalui semut peluru. Jadi, mereka akan memasukan tangan ke dalam bungkusan daun yang dirajut membentuk seperti sarung tangan dan isinya adalah semut peluru!

BACA JUGA: Aw! Tradisi Ini Dianggap Paling Menyakitkan di Dunia

Namun ada baiknya, kamu menghindari kawanan semut peluru kalau sedang menjelajahi hutan Amazon. Jangan sampai, merasakan gigitannya. Jangan!



Simak Video "Dugaan di Balik Kebakaran Hutan Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA