Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jul 2019 22:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Amerika Serikat yang Belum Pernah Anda Dengar

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pulau terluar milik AS (CNN)
Pulau terluar milik AS (CNN)
Key West - Melampaui 50 Negara Bagian, mari kita menjelajahi 'kerajaan' Amerika Serikat. Diluar daratan utama, ada AS memiliki destinasi tempat-tempat eksotis.

Seperti dilansir CNN, Kamis (4/7/2019), wilayah negara Amerika Serikat tak hanya dari Key West, Florida hingga Kauai, Hawaii. Karena dari Pulau Saipan ke Pelabuhan Pago Pago Samoa Amerika, klaim teritorial Amerika Serikat tersebar di seluruh dunia.

Namun, banyak orang Amerika daratan tidak tahu banyak tentang sejarah dan budaya wilayah itu. Atau, bagaiamana cara mengunjunginya.

BACA JUGA: Grand Canyon yang Indah Tapi Mematikan!

Dalam buku terbarunya 'How to Hide an Empire', sejarawan Daniel Immerwahr mengeksplorasi dampak dahsyat ketidaktahuan itu terhadap kehidupan sehari-hari orang Amerika yang tinggal di wilayah AS.

"Salah satu konsekuensi yang jelas adalah pengabaian federal," kata dia.

Akan tetapi, saat Anda membaca sekilas budaya, bahasa, dan warisan yang ada di wilayah itu pasti mengundang rasa penasaran lebih dekat. Inilah Amerika Serikat yang jarang kamu ketahui dan siap untuk dijelajahi diluar 50 negara bagian.

1. Samoa Amerika

Hutan hujan hijau yang rimbun ada di pulau-pulau dengan sisi curam di Samoa Amerika. Adalah tempat kelelawar, ombak jernih mengitari pantai dan terumbu karang yang menampung sekumpulan ikan tropis.

Penjelajah Polinesia pada masa awal pasti terpesona menemukan pulau-pulau di perairan Pasifik yang belum dipetakan ini. Sekitar 3.000 tahun kemudian, budaya Polinesia tumbuh subur dalam tarian tradisional, perayaan, dan tato karya seniman lokal atau tufaga tu tatau.

Ada tiga pulau terindah yakni Ta'u, Ofu dan Tutuila. Di Taman Nasional Samoa Amerika ada lokasi melihat penyu di Fagatele Bay Trail hingga melihat senjata bekas Perang Dunia Kedua.

Amerika Serikat yang Belum Pernah Anda DengarGuam (CNN)

2. Guam

Guam, pulau terpencil yang menjadi batas negara AS yang tak terduga di Pasifik Barat. Lokasi yang strategis antara Amerika dan Asia.

Guam jadi saksi invasi Jepang tahun 1941 hingga ancaman baru-baru ini oleh Korea Utara. Sekarang, pengunjung dapat menjelajahi sejarah militer pulau di era Perang Dunia I dari SMS Cormoran atau mengunjungi situs hutan pertempuran sengit antara pasukan Jepang dan Amerika selama Perang Dunia Kedua.

Jika di sana, rasakanlah keragaman dari pesta masakan Chamorro, yang mengacu pada rasa dari seluruh dunia. Pesanlah hidangan semur ayam dengan bumbu paprika lokal dan paling baik dimakan bersama nasi merah.

3. Puerto Riko

Orang-orang Taino menamai pulau mereka yang basah oleh matahari, Boriken. Nama yang masih tertinggal di ibu kota San Juan.

Kota itu adalah salah satu pemukiman Eropa tertua di Amerika Serikat. Bahasa Taíno telah hilang, banyak warga Puerto Riko kini bangga menyebut dirinya sebagai Boriqua.

Kamu yang ke sana bisa ke Benteng San Juan yang terdaftar di UNESCO dan menejlajah rumah-rumah yang dicat cerah. San Juan jadi galeri seni terbuka yang oleh mural-mural yang terlihat dari lingkungan Santurce.

Amerika Serikat yang Belum Pernah Anda DengarPantai dengan hutan tropis di Kepulauan Virgin, AS (CNN)

4. Kepulauan Virgin AS

Kepulauan Virgin AS berawal dari St. Croix memanjang hingga ke pulau yang memiliki hutan liar St. John. Dua pertiga dari pulau itu dilindungi oleh Taman Nasional Kepulauan Virgin, sebuah cagar alam yang memiliki pantai-pantai cantik, terumbu karang dan air bak kaca.

Rumput lamun di teluk dangkalnya jadi rumah bagi penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing yang bertelur di sepanjang garis pantai. Lanskap alami St. John mungkin tampak purba, pulau ini telah dihuni oleh penduduk asli sejak zaman kuno.

Jauh di dalam hutan tropis Reef Bay, petroglyphs terukir di basal biru menggambarkan wajah bermata lebar. Asal-usul yang tepat dari petroglyphs tidak diketahui, tetapi para arkeolog percaya mereka muncul pada beberapa waktu setelah 700 Masehi.

BACA JUGA: China dan Paket-paket Wisata Mewah yang Tidak Biasa

5. Kepulauan Mariana Utara

Mirip budaya Chamorro di Guam, Kepulauan Mariana Utara dikelilingi oleh pantai-pantai cantik. Yang terbesar dari pulau-pulau itu bernama Saipan, amat direkomendasikan tur dengan mobil.

Mulailah hari di Pantai Obyan, sebuah teluk kecil yang ideal untuk berjalan-jalan dan lihatlah sisa masa perang yang tersembunyi di balik pepohonan di sini. Selanjutnya, pergilah ke Konservasi Laut Pulau Terlarang, di mana saat air surut akan memperlihatkan jalan ke cagar alam burung di pulau itu dengan batu lava setajam silet, air jernih dan gua untuk dijelajahi.

Pada saat matahari terbenam di atas Samudera Pasifik, berjalanlah ke Banzai Cliff. Terletak di utara Saipan ada monumen di tebing untuk mengenang sejarah tragis Perang Dunia II, tempat yang indah itu jadi pos komando terakhir pasukan Jepang di Saipan.

Amerika Serikat yang Belum Pernah Anda DengarHewan laut dilindungi di Kepulauan Terluar Kecil Amerika Serikat (CNN)

6. Kepulauan Terluar Kecil Amerika Serikat

Lokasi pulau ini ada di atas sekitar pulau-pulau di Karibia dan Pasifik. Adalah Kingman Reef, Midway Atoll, Navassa Island, US Minor Outlying Islands sebagian besar dikunjungi oleh para ilmuwan dan sekelompok burung laut.

Burung laut itu adalah alasan Amerika Serikat mengklaim pulau-pulau tersebut. Selama perlombaan abad ke-19 untuk kotoran burung kaya nitrogen yang dikenal sebagai guano, Kongres AS meloloskan Undang-Undang Kepulauan Guano tahun 1856 untuk mengambil sumber daya alam di pulau-pulau itu sebagai pupuk untuk ladang pertanian di daratan utama.

Sekarang, tujuh dari pulau-pulau itu, terumbu karang dan atol dilindungi sebagai Area Pulau Terpencil Pasifik AS. Salah satunya Palmyra Atoll, dikelola bersama The Nature Conservancy.

Akses diberikan hanya ke segelintir peneliti, pendidik, dan sukarelawan pada setiap tahunnya. Administrator di The Nature Conservancy dan Amerika Serikat Fish and Wildlife Service berharap dapat melindungi pulau-pulau dari dampak negatif kunjungan manusia. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA