Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Agu 2019 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tidak Ada Nasi Hainan di Pulau Hainan

Shinta Angriyana
detikTravel
Nasi Hainan (iStock)
Nasi Hainan (iStock)
Hainan - Nasi Hainan seringkali ditemui di rumah makan China peranakan. Hanya, benarkah asalnya dari Pulau Hainan?

detikcom berkunjung ke Hawaii-nya China tersebut beberapa waktu lalu. Berbeda dengan China daratan, Hainan memiliki iklim tropis dengan sejumlah atraksi wisata yang siap memanjakan wisatawan.

Saking seriusnya pemerintah setempat, mereka memberi subsidi wisatawan mancanegara untuk datang termasuk Indonesia dalam berbagai hal seperti akomodasi dan transportasi. Sampai-sampai, harga tur ke Hainan jauh lebih murah dibandingkan backpacking.

Seberapa jauhnya? Harga tiket ke Hainan dengan maskapai bujet Rp 3 jutaan menggunakan pesawat berjadwal. Namun, pemerintah memberi subsidi dan menggabungkan dengan konsorsium sehingga memberikan penerbangan charter. Hal ini sukses membuat harga tur hanya dijual sekitar Rp 3 jutaan, yang sebelum 2018 dijual Rp 11 jutaan.

Nah, selain itu Hainan juga memiliki stigma kuliner nasi yang dimasak dengan santan serta topping ayam atau bebek. Namun, apakah sebenarnya Nasi Hainan berasal di Hainan?

Suasana Sanya di Hainan (Shinta/detikcom)Suasana Sanya di Hainan (Shinta/detikcom)
Menurut Tony, seorang tur leader yang sudah sering berkunjung ke Hainan, tidak ada Nasi Hainan di sana. Nasi Hainan merupakan makanan yang dibuat oleh keturunan ras China di berbagai wilayah Peranakan.

"Kalau aslinya di sini tidak ada, cap cay juga tidak ada ya," kata dia.

Tony mengatakan, pertanyaan tersebut sering diajukan oleh peserta tur nya. Tentu saja, karena nasi Hainan banyak ditemukan di daerah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

"Sebenarnya tidak ada, kalau ditanya sama orang lokal malah bingung mereka," tambah dia.

Lalu, apa saja kuliner di Pulau Hainan? Umumnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Seperti sayur tumis, bebek goreng dan aneka seafood.

Begitupun dengan jajanan-jajanan. Seperti makanan cepat saji atau bakso dan aneka buah segar. Meskipun begitu, Hainan terkenal dengan kelapa yang banyak ditemukan.

Nah, bagaimana.. Sudah terjawab kan?

Simak Video "Murah Meriah! Unboxing Oleh-oleh Khas Pulau Hainan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.