Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 23:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Uniknya Jepang Punya Jembatan Tradisional dari Tanaman Anggur

Bonauli
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)
Miyoshi - Jepang sangat menjaga kekayaan kultur dan dan warisan leluhurnya. Di balik sebuah lembah, ada jembatan jepang yang unik, terbuat dari tanaman anggur.

Iya Valley adalah sebuah lembah cantik yang dibuka sebagai tempat wisata di Prefektur Tokushima, Miyoshi. Lembah ini punya pemandangan indah dan hijau yang bisa menyegarkan pikiran.

Diintip detikcom dari berbagai sumber, Senin (8/8/2019) Iya Valley juga masih menyimpan warisan leluhur yang berumur ratusan tahun. Inilah Iya No Kazurabashi Bridge.

Iya No Kazurabashi adalah jembatan tradisional Jepang yang sudah berumur sekitar 900 tahun. Di bawah jembatan, mengalirlah sungai cantik dengan warna toska.
(iStock)(iStock)

Jembatan Iya No Kazurabashi menjadi popular karena bahan yang membuatnya. Jembatan ini terbuat dari kayu yang diikat dengan batang tanaman anggur.

Sulur tanaman anggur menjadi pengikat dari tapak jembatan. Lebar antar pijakan adalah 10 inchi.

Bukan cuma bagian injakan, sulur tanaman anggur juga dibuat menjadi pegangan jembatan. Batang tanaman anggur diikat menjadi satu dan direntangkan ke ujung jembatan.

BACA JUGA: Lagi, China Bikin Jembatan Kaca Terpanjang Sedunia

Menurut cerita masyarakat, jembatan ini dibangun oleh klan Heike. Saat itu mereka kalah perang dan melarikan diri ke Iya Valley.

Uniknya Jepang Punya Jembatan Tradisional dari Tanaman AnggurFoto: (iStock)


Jembatan sulur ini dibangun dengan maksud sebagai perangkap musuh. Saat musuh lewat, klan Heike akan memotong jembatan dan melumpuhkan mereka.

Jembatan setinggi 14 meter masih bertahan hingga sekarang. Wisatawan bisa mencoba untuk merasakan sensasi jembatan tradisional ini dua kali dalam sehari, saat sunset dan sunrise. Jembatan ini pun hanya dibuka untuk satu arah saja.

Tiap 3 tahun sekali, jembatan ini akan kembali direnovasi untuk memastikan kelayakannya. Karena kini, jembatan tradisional seperti ini hanya tinggal 13 buah jumlahnya.

Dibuka sebagai salah satu atraksi, ada 3 jenis jembatan bergaya tradisional di lembah ini. Iya No Kazurabashi menjadi jembatan yang paling populer di Iya Valley.
Uniknya Jepang Punya Jembatan Tradisional dari Tanaman Anggur(iStock)


Simak Video "Jumat di Masjid Sapporo Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA