Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Agu 2019 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Dibayar Rp 7,9 Juta Sebulan Buat Tinggal di Pulau Ini, Mau?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pulau Antikythera di Yunani (iStock)
Pulau Antikythera di Yunani (iStock)
Antikythera - Sebuah pulau cantik di Yunani sedang mencari penghuni. Siapa pun yang mau tinggal di pulau ini bakalan dibayar 500 Euro (Rp 7,9 juta) setiap bulannya. Mau?

Antikythera, pulau cantik di Yunani ini sedang mencari penghuni. Traveler yang bersedia pindah ke pulau ini bakalan digaji setiap bulan. Jumlahnya cukup lumayan, sebesar 500 Euro, jika dirupiahkan sekitar Rp 7,9 juta.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Jumat (16/8/2019), langkah tersebut ditempuh karena jumlah penduduk di Antikythera terus mengalami penurunan. Dari semula 300 orang di awal abad ke-20, sampai sekarang hanya tersisa puluhan orang saja.

Sensus penduduk terakhir menyebut, pulau Antikythera hanya dihuni oleh 24 orang saja. Jumlah tersebut bisa bertambah jadi 40 orang saat musim panas tiba, selebihnya kembali seperti semula.

Dibayar Rp 7,9 Juta Sebulan Buat Tinggal di Pulau Ini, Mau?Pulau cantik ini jumlah penduduknya terus turun (iStock)

Pulau Antikythera sendiri terletak di antara Pulau Crete dan Kythira. Untuk menuju ke sini, traveler bisa naik pesawat selama 45 menit dari Athena, ibu kota Yunani.

Penyebab menurunnya jumlah penduduk di Antikythera antara lain, generasi mudanya yang lebih memilih untuk pindah ke pulau lain yang lebih padat, Kreta misalnya. Akibatnya, yang masih tinggal dan bertahan di Antikythera hanya tersisa generasi tuanya saja.

Ide untuk menggaji traveler yang mau pindah ke Antikythera dikemukakan oleh Gereja Ortodhox Yunani. Mereka siap menjadi sponsor dan membayar gaji traveler selama 3 tahun ke depan.

Dibayar Rp 7,9 Juta Sebulan Buat Tinggal di Pulau Ini, Mau?Traveler yang mau pindah ke sini akan digaji (iStock)

Tak hanya digaji, traveler yang bersedia pindah ke Antikythera juga akan mendapatkan sebidang tanah untuk membangun rumah atau memulai berbisnis. Atau traveler bisa juga bekerja sebagai nelayan, profesi paling lumrah di sana.

Jadi pembuat roti juga bisa di pulau ini. Tidak ada syarat khusus untuk pindah ke Pulau Antikythera. Yang jelas, traveler yang sudah punya pasangan atau yang sudah berkeluarga akan lebih diutamakan.

"Kami mencari banyak keluarga baru untuk pindah ke sini untuk mempertahankan pulau kami," ujar Andreas Harlakis, Walikota Pulau Antikythera.

Simak Video "Pulau Liwutongkidi, Buton"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA