Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Sep 2019 08:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Zamzam Tower, Bangunan Tinggi di Makkah yang Bikin Turis Penasaran

Zamzam Tower. Foto: Abraj Albait atau Zamzam Tower/Fajar Pratama detikcom
Zamzam Tower. Foto: Abraj Albait atau Zamzam Tower/Fajar Pratama detikcom
Jakarta - Kota suci Makkah punya bangunan ketiga tertinggi di dunia. Dikenal dengan sebutan Zamzam Tower atau Menara Jam Makkah. Apa saja ya fakta-faktanya?

Zamzam tower merupakan bagian dari komplek Abraj al Bait, yang terletak di depan Masjidil Haram. Selain menunaikan ibadah haji, umat muslim juga bisa berkunjung ke sini sebagai tempat wisata religi dan edukasi.




Penasaran seperti apa menara yang terkenal ini? Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Zamzam Tower yang dirangkum oleh detikcom.

1. Menara Tertinggi Ketiga di Dunia

Zamzam Tower adalah menara tertinggi ketiga di dunia, dengan posisi pertama dipegang oleh Burj Khalifa, Dubai dan posisi kedua ada Shanghai Tower.

Menara yang memiliki tinggi 601 meter dengan 76 lantai dan 858 kamar. Menara ini juga merupakan gedung menara jam tertinggi di dunia bahkan mengalahkan ketinggian menara jam The Big Ben, London. Hal ini dikarenakan Zamzam Tower 35 kali lebih besar dibanding Big Ben.

2. Salah Satu Ikon Kota Makkah

Gedung pencakar langit ini adalah salah satu ikon Kota Makkah karena Zamzam Tower dapat terlihat di penjuru kota terutama dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk para jamaah atau wisatawan.

Zamzam Tower ini memiliki puncak menara setinggi 128 meter dengan sabit emas setinggi 23 meter di atasnya sehingga dari menara ini akan terlihat keindahan kota Makkah dan keindahan Kabah.

3. Zam Zam Tower Mall

Jika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa mampir belanja oleh-oleh di sini, terletak di lantai dasar Zamzam Tower. Supermarket Bin Dawood ini menyediakan makanan favorit para jamaah haji atau umrah dan souvenir seperti gelas, piring melamin, mainan anak, boneka dan payung. Di sini kamu juga bisa membeli ragam fashion untuk anak dan dewasa, misalnya tas dan sepatu. Tak hanya itu saja, promo mingguan pun sering diadakan loh.

Melihat kabah dari Zamzam Tower.Melihat kabah dari Zamzam Tower. Foto: Masjidil Haram/Fajar Pratama detikcom

4. Zamzam Tower Museum

Selain beribadah, kamu bisa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Museum Zamzam Tower yang menyediakan berbagai info menarik tentang model dan struktur mengenai alam semesta seperti galaksi. Di lantai satu, kamu akan disambut dengan miniatur alam semesta hingga galaksi dengan menggunakan ilustrasi audio visual.

Lantai kedua dikhususkan untuk menggambarkan proses perputaran bulan, bumi, dan matahari. Di lantai tiga, untuk mempelajari metode menentukan waktu dan panorama kota Makkkah.

Untuk berkunjung ke sini kamu harus mempersiapkan tiket masuk dengan harga sekitar USD40 (150 Riyal) atau sekira Rp 600 ribu. Gimana tertarik untuk berkunjung?

5. Tradisi

Fakta menarik lainnya adalah ketika adzan berkumandang atau waktu solat tiba, semua aktivitas yang dilakukan di dalam Zamzam Tower Makkah akan dihentikan dan akan dijadikan tempat salat berjamaah. Jadi, sesuaikan jadwal kunjungan kamu dengan jadwal salat ya.



Simak Video "Sungai Terpanjang di Indonesia, Banjarmasin "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA