Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Okt 2019 13:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Nonton Film Joker? Cek Dulu Nih Gotham Asli di Dunia Nyata

Kris Fathoni W
detikTravel
Gotham di Nottinghamshire, Inggris. (Foto: Dok. BBC)
Gotham di Nottinghamshire, Inggris. (Foto: Dok. BBC)
Jakarta - Film "Joker" lagi seru-serunya dibahas. Nah, tahukah kamu kalau Gotham yang ada di kisah itu pun benar-benar ada di dunia nyata?

Dalam semesta DC, baik komik, animasi, maupun film, Kota Gotham tak terpisahkan dengan sosok Joker dan, tentu saja, Batman. Di kota itulah Batman acapkali menghadang segudang rencana gila sang Clown Prince of Crime.

Para penggemarnya sudah pasti tahu itu. Tapi mungkin yang belum diketahui adalah bahwa Gotham, yang dalam kisah Batman lazim menjadi analogi dari kota New York, sebenarnya memang ada di dunia.




Nah, merujuk sejumlah sumber, Gotham yang asli ini mungkin lebih tepat disebut sebagai kawasan pedesaan. Lokasi Gotham berada di desa Nottinghamshire, Inggris. Pada sensus penduduk yang dilakukan tahun 2011 silam, populasi Gotham ini tak sampai 1.600 orang.

Menariknya, sebuah artikel dari BBC.com turut mengungkap bahwa Gotham yang asli ini memang punya keterkaitan dengan Kota Gotham (fiksi) tempat Batman dan Joker eksis.

Dikisahkan, Batman menjalani debut dalam Detective Comics nomor 27 terbitan tahun 1939. Pada terbitan nomor 29, latar tempatnya masih disebut sebagai "kota metropolis yang ramai" tapi pada dua edisi setelah itu dengan jelas disebut sebagai "New York".

Mau Nonton Film Joker? Cek Dulu Nih Gotham yang AsliCosplay Joker di New York Comic Con, New York, AS. (Foto: Reuters)

"(Setelah itu) penulis Bill Finger mengatakan bahwa ia mengubah namanya menjadi Gotham setelah melihat-lihat buku telepon dan mendapati nama Gotham Jewelers," tulis BBC dalam artikelnya.

Disebutkan pula bahwa perkara adopsi nama itu sendiri baru diakui oleh para penulis Batman dalam beberapa tahun terakhir lewat sejumlah kisah dalam komik Pahlawan Berjubah yang menyebut-nyebut nama Gotham-nya Nottinghamshire.

Kegilaan Gotham

Gotham di Nottinghamshire sendiri dideskripsikan sebagai sebuah tempat khas pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk Kota Gotham-nya Batman dan Joker. Tapi BBC juga mengulas sebuah sejarah mengenai "kegilaan" di sana.

"Sebuah kisah menyebut bahwa Raja John, yang juga jadi antagonis dalam kisah Robin Hood, berencana melewati Gotham dalam perjalanan menuju Nottingham," sebut BBC mengutip kisah tersebut.

Salah satu imbas dari rencana sang raja ini adalah adanya pembangunan jalan "Royal Highway" yang menembus Gotham. Para penduduk lokal rupanya tak sepakat dan mereka pun berkomplot untuk pura-pura sinting. Bukan gila biasa tapi gila yang bisa menular!




"Tingkah polah absurd mereka termasuk membangun sebuah pagar di sekeliling semak-semak untuk memerangkap sebuah burung cuckoo dan bahkan menenggelamkan sebuah belut di kolam," tulis BBC.

"Trik ini sukses, melahirkan sebuah ungkapan, 'Ada lebih banyak orang sinting yang melewati Gotham ketimbang menetap di dalamnya.' Para penduduk setempat juga dijuluki Wise Men of Gotham," lanjut artikelnya.

Mau Nonton Film Joker? Cek Dulu Nih Gotham Asli di Dunia NyataGotham. (Foto: Dok. BBC)

Kisah kegilaaan di Gotham ini lantas menyebar ke segala penjuru dan pada akhirnya sebaran kisah ini pun terangkum dalam sejumlah buku. Salah satunya The Merie Tales of the Mad Men of Gotam yang rilis 1565.

Penulis Amerika Washington Irving disebut sebagai orang pertama yang yang mengaitkan Gotham, Inggris dengan New York, AS. Pada 1807, ia berulangkali merujuk Manhattan sebagai Gotham saat menulis di terbitan rutin Salmagundi yang berisikan satir terhadap penduduk kota New York.

Di masa kini, otoritas Gotham di Inggris juga disebut-sebut terus berupaya agar Gotham bisa menjadi sister city dari New York. Walaupun belum berhasil, usaha itu setidaknya dapat perhatian dari mantan wali kota New York Rudolph "Rudy" Giuliani. Ia mengirimkan sepucuk surat tertanggal Januari 2000, yang mendoakan agar Gotham sukses selalu seraya mengakui keterkaitan di antara dua tempat itu.

Mau Nonton Film Joker? Cek Dulu Nih Gotham yang AsliSurat Rudy Giuliani buat Gotham. (Foto: Dok. BBC)




Simak Video "Pemutaran Perdana film ''Joker'' Diawasi Ketat oleh Kepolisian"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA