Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Okt 2019 12:56 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Gunung Sakral Tempat Kim Jong Un Naik Kuda Putih

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP
Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP
Jakarta - Kantor berita resmi Korea Utara meluncurkan foto Kim Jong Un sedang berkuda di pegunungan. Diketahui gunung itu bernama Gunung Paektu, gunung sakral di Korut.

Korean Central News Agency (KCNA) memunculkan foto-foto Kim Jong Un sedang berkuda di Gunung Paektu. Sosok Kim dengan gagahnya menunggangi seekor kuda putih dengan latar belakang dataran yang memutih akibat salju bagaikan menciptakan kesan tersendiri.

Gunung Paektu sendiri merupakan gunung tertinggi di Semenanjung Korea dengan ketinggian 2.744 mdpl. Gunung ini menjadi pembatas antara Korea Utara dengan China.

Gunung ini sangat sakral bagi warga Korea Utara, karena mitosnya ini adalah tempat lahirnya Dangun, pendiri kerajaan Korea pertama, Gojoseon (2333-108 SM). Konon dia lahir dari orang tua Hwanung, Putra Surga dan Ungnyeo, beruang yang diubah menjadi wanita.

(Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)(Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) Foto: undefined

Mengutip dari Wikipedia, banyak catatan dalam timbulnya dinasti di Korea yang berhubungan dengan Gunung Paektu. Seperti Buyeo, Goguryeo, Balhae, Goryeo, dan Joseon menyembah gunung itu.

Gunung Paektu juga menjadi saksi bisu akan perang gerilya Korea melawan Jepang. Konon hutan lebat di sekitar gunung menyediakan pangkalan untuk perlawanan bersenjata bagi gerilyawan komunis selama Perang Korea.

Kim Il Song berperan dalam mengatur perlawanan terhadap pasukan Jepang di sana dan Korea Utara mengklaim bahwa pimpinan Kim Jong Il lahir di sana. Meskipun catatan di luar Korea Utara menunjukkan bahwa dia lahir di Uni Soviet.

Juga penduduk Korea menganggap Gunung Paektu adalah gunung yang sakral karena tak hanya sebagai jantung Revolusi Korea saja. Namun juga sebagai tempat lahir atau asal leluhur mereka. Gunung Paektu juga disebut dalam lagu kebangsaan Korsel juga banyak propaganda Korut.

(Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)(Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS) Foto: undefined

Namun di balik itu semua, Gunung Paektu punya danau yang sangat indah. Danau Chon namanya, yang berarti surga dan terbentang di ketinggian 2.190 mdpl.

Danau Chon merupakan danau kawah terdalam dan terdingin di dunia yang titiknya mencapai 384 meter. Panorama danaunya tambah terlihat cantik, dengan pegunungan yang mengelilingi danaunya.

Walau Korea Utara negara yang sangat tertutup, namun mereka telah membuka diri untuk turis yang benar-benar ingin datang ke sana. Tentu saja tetap diawasi dengan ketat dan harus menggunakan operator wisata yang diizinkan Korea Utara.

Sesuai dengan namanya, danau ini sangatlah indah. Permukaan airnya yang tenang dan berwarna seperti biru laut, begitu memukau bila dilihat dari puncak Gunung Paektu.

Yang harus diingat, kawasan Gunung Paektu dianggap suci oleh masyarakat setempat. Untuk itu, turis yang datang harus menjaga etika dan peraturan yang diberikan. Salah satunya, turis dilarang berenang di danaunya.



Simak Video "Kim Jong Un Pimpin Langsung Uji Coba Rudal "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA