Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Okt 2019 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Negara Ini Pria Pakai Busana Mirip Rok, Tanpa Celana Dalam

Bonauli
detikTravel
Kilt, busana tradisional para pria Skotlandia. (Foto: iStock)
Kilt, busana tradisional para pria Skotlandia. (Foto: iStock)
Edinburg - Ada fakta menarik dari Skotlandia. Para pria mengenakan kilt, yang secara berkelakar dikatakan mirip rok karena memang mirip, sebagai busana tradisional. Uniknya, dulu tak ada celana dalam di balik kilt itu.

Seperti diintip detikcom dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2019), kilt berkembang pada abad pertengahan sebagai pakaian yang populer sebagai busana sehari-hari. Pakaian ini dikenakan oleh warga biasa sampai bangsawan. Motifnya kotak-kotak atau biasa disebut tartan.

Pakaian ini terbagi ke dalam dua jenis, kilt besar dan kilt kecil. Kalau kilt besar berupa kain tartan yang diikat menjadi "rok" kemudian diikatkan ke salah satu bahu.

Kilt kecil sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dan lebih merupakan pengembangan dari kilt besar. Kilt kecil dibuat lebih modern dengan rupa "rok".

Saat itu penggunaannya pada pria sangatlah lazim. Meski kini rok menjadi identitas perempuan, tapi pria Skotlandia tetap bangga saat menggunakan kilt.


Di Negara Ini Pria Kenakan Rok Tanpa Celana DalamFoto: (iStock)


Namun, ada fakta lain yang mungkin terdengar aneh. Dulu pria Skotlandia yang berbusana kilt tidak mengenakan pakaian dalam. Bahkan ada sebuah istilah yang digunakan, bahwa orang Skotlandia sejati tidak mengenakan pakaian dalam saat berbusana kilt.

Kini penggunaan busana kilt dipamerkan dalam acara-acara besar. Para pria Skotlandia biasanya menggunakan kilt saat pentas seni atau olahraga.

Sehingga para pengguna kilt dianjurkan untuk mengenakan pakaian dalam demi kenyamanan bersama. Ini biasanya kembali ke pribadi masing-masing. Karena sudah biasa, banyak juga yang santai tidak mengenakan celana dalam saat berbusana kilt.

Tak ada yang tahu awal dari kebiasaan ini. Namun mengingat sudah jadi warisan budaya, kilt tanpa celana dalam terus diturunkan dari generasi ke generasi. Di era modern kilt bukan cuma dipakai oleh pria, tapi juga dimodifikasi buat wanita. Sangat mungkin pula ada celana dalam di balik kilt-kilt zaman now.




Simak Video "Mandi Busa Bersama, Tradisi Unik Kampus di Skotlandia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA