Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Nov 2019 08:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lagi Diterjang Badai Cobaan? Coba Lihat Mercusuar Tangguh Ini

Bonauli
detikTravel
Mercusuar La Jument (Youtube)
Mercusuar La Jument (Youtube)
Jakarta - Mercusuar sudah menjadi bagian penting dari transportasi laut dunia. Nah, kalau biasanya mercusuar ada di pulau, yang satu ini justru dibangun di tengah lautan.

Perkenalkan La Jument. Sebuah mercusuar yang masuk dalam kawasan Pantai Brittany, bagian barat laut Prancis. Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, mercusuar ini jadi yang paling berbahaya di dunia.

Kenapa?

Semenanjung kecil di tengah lautan Brittany adalah laut yang berbahaya. Semenanjung ini berbatasan dengan selat Inggris di utara dan Teluk Biscay di selatan.

Hidup Kamu Berat? Coba Lihat Mercusuar IniFoto: (iStock)

Bisa dibilang keberadaan Semenanjung ini mengarah ke Samudera Atlantik. Wilayah ini juga dikenal dengan badai dan gelombang raksasanya.

Menurut catatan sejarah, ada lebih dari 30 kapal hilang di wilayah ini pada tahun 1888 sampai 1904. Ini mengapa dibuatlah banyak mercusuar di area tersebut.

Salah satunya bernama La Jument, yang 300 meter dari Pulau Ushant. Mercusuar ini dibangun antara tahun 1904 di atas sebuah karang dan diresmikan pada tahun 1911.

Hidup Kamu Berat? Coba Lihat Mercusuar IniFoto: (Youtube)

Gelombang besar, badai, dan pasang surut yang kuat sudah menjadi makanan sehari-hari La Jument. Mercusuar setinggi 36 meter ini lantas viral karena seorang fotografer, Jean Guichard.

Saat itu tahun 1989, Jean Guichard sedang memotret La Jument dari udara. Mercusuar ini sedang dikelilingi oleh gelombang besar setinggi 20-30 meter.

Melalui kameranya, Jean melihat sang penjaga mercusuar, Theodore Malgorn, sedang terjebak di dalam mercusuar. Malgorn sedang menunggu kru penyelamat datang di ruang lampu sorot.

Hidup Kamu Berat? Coba Lihat Mercusuar IniFoto: (iStock)

Ketika itu Jean juga tidak kuas menyelamatkan Malgorn. Sehingga Malgorn harus kembali bersembunyi di ruang lampu sampai petugas penyelamat tiba.

Sejak saat itu, foto tentang mercusuar ini beredar luas. Tangguhnya La Jument saat diterjang badai menjadikannya salah satu mercusuar paling berbahaya dunia. Nah, ketangguhannya menghadapi terjangan badai dan gelombang dahsyat di tengah lautan mungkin saja bisa menginspirasimu yang lagi diterjang badai cobaan.






Simak Video "Sang Penjaga Utara, Mercusuar Era Kolonial di Pulau Sabira"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA