Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Nov 2019 18:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku Maori

Foto: Edwidhian Tri/detikcom
Rotorua - Suku Maori adalah penduduk asli New Zealand alias Selandia Baru. Traveler yang ingin mengenal lebih dekat kebudayaan suku ini bisa berkunjung ke destinasi bernama Te Puia.

Te Puia adalah salah satu destinasi wisata yang wajib traveler masukkan dalam daftar kunjungan bila liburan di Selandia Baru. Di Te Puia, traveler bisa mengenal lebih dekat dengan kebudayaan Suku Maori.


Tim detikcom bersama Oppo Indonesia dan Marshall Sastra berkunjung ke Te Puia beberapa waktu lalu. Te Puia menawarkan beberapa atraksi sekaligus untuk traveler nikmati, yang paling utama tentu budaya Suku Maori.

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku MaoriFoto: Edwidhian Tri/detikcom

Saat pertama kali sampai, kami langsung disambut dengan Hongi, salam khas Suku Maori. Marshall diajak salam Hongi dengan pemandu lokal Suku Maori, dimana ujung hidung keduanya saling ditempelkan dengan lembut.

Hongi merepresentasikan salam kedamaian, kehidupan dan kesejahteraan antara tamu dan tuan rumah. Hongi sudah seperti tradisi yang wajib untuk dilakukan untuk menyambut tamu. Setelah itu Hongi, masih ada tradisi lanjutannya lagi.


Tamu akan dihadang oleh ksatria yang diperankan oleh penduduk lokal Maori. Sang ksatria akan membawa taiaha (senjata serupa tombak). Lalu, dia akan menaruh benda seperti dahan kecil untuk dipungut sang tamu, sebagai tanda bahwa dirinya datang dengan damai.

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku MaoriFoto: Edwidhian Tri/detikcom


Setelah itu, baru kami diizinkan masuk ke 'rumah' mereka. Di dalam kompleks ini, kami disuguhi oleh atraksi tari-tarian khas suku Maori. Tariannya begitu indah dan kompak, begitu rancak dan eksotis untuk dilihat.

Di tempat ini, traveler juga bisa melihat pusat kerajinan suku Maori (Maori Arts & Crafts Institute). Di sini, aneka kerajinan suku Maori dibuat dan traveler bisa melihatnya dari dekat.

Traveler bisa melihat jenis-jenis kerajinan yang dibuat suku Maori, antara lain Hei Tiki, Kapeu, Mako, Pekapeka dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing kerajinan ini punya makna tersendiri bagi suku Maori.

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku MaoriFoto: Edwidhian Tri/detikcom


Tak cuma itu, Te Puia juga punya geyser (semburan air panas) bernama Pohotu yang terkenal. Bisa dibilang Te Puia adalah destinasi yang lengkap. Dari destinasi alam, hingga budaya semuanya ada.


Jangan lupa abadikan kebudayaan Suku Maori ini dengan kamera Oppo Reno2 yang fiturnya canggih. Akan selalu menarik untuk mengabadikan momen-momen kebudayaan khas suku setempat, seperti suku Maori ini.

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku MaoriFoto: Edwidhian Tri/detikcom


Nantikan kisah perjalanan kami selanjutnya di New Zealand bersama Oppo Reno2.




Simak Video "Polisi Lalu Lintas di Selandia Baru Ditembak"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA