Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Des 2019 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lupakan Phuket, Ini Similan bagaikan Harta Karun Thailand

Bonauli
detikTravel
Keindahan Similan Islands di Thailand. (iStock)
Keindahan Similan Islands di Thailand. (iStock)
Similan Islands - Thailand terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Tapi kali ini lupakan dulu Phuket. Ada satu pulau yang bisa jadi harta karun buat detikers pecandu vitamin sea, terutama yang sudah berencana liburan akhir tahun ke sana. Namanya Similan.

Nama Similan Island boleh jadi belum terlalu familiar bagi traveler Indonesia. Wajar karena Phuket atau Koh Samui memang lebih banyak jadi pilihan untuk liburan para pencari vitamin sea.


Similan Islands National Park. Begitulah nama lengkapnya, seperti dihimpun detikcom dari situs resminya. Taman nasional ini terletak di Laut Andaman. Apa yang membuatnya jadi begitu spesial?

Similan sendiri terdiri dari 9 pulau -- dalam bahasa Malay Similan memang berarti sembilan. Karena ekosistemnya yang begitu kaya, Similan Island menjadi salah satu taman nasional kebanggaan Thailand.

Lupakan Phuket, Ini Similan Harta Karun ThailandSimilan, harta karun Thailand. (Foto: iStock)

Namun di balik kekayaannya, ekosistem di Similan begitu rapuh. Untuk menyeimbangkan antara pariwisata dan alam, pemerintah Thailand membuat sejumlah peraturan yang harus ditaati untuk bisa menikmati Similan.

Similan tak selalu bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kepulauan ini hanya dibuka 6 bulan untuk kegiatan pariwisata. Dari bulan Mei-Oktober, Similan Island akan ditutup karena adanya musim Monsoon.

Penutupan taman nasional selama 6 bulan masih dirasa kurang maksimal dalam menjaga kelestarian ekosistem. Pemerintah akhirnya memutuskan untuk tidak memperbolehkan turis menginap di taman nasional ini. Wih!


Inilah mengapa Similan Islands begitu bersih dari sampah plastik. Surga bawah lautnya masuk dalam 10 daftar tempat diving terbaik dunia. Lautnya sebening kaca!

Bibir pantai Similan Islands memiliki karakter batu dan pasir putih. Beberapa batuan jadi spot populer karena bentuknya, misalnya seperti gajah. Diving dan snorkeling menjadi kegiatan utama di lautan biru Similan. Hiu, barakuda, nemo, dan biota-biota lainnya bisa ditemukan di Similan.

Lupakan Phuket, Ini Similan Harta Karun ThailandSimilan, harta karun Thailand. (Foto: iStock)

Pulau Similan sendiri bisa dijangkau dengan speedboat dari Phuket. Memakan waktu sekitar 2 jam, lelah perjalanan akan hilang dengan sambutan eksotis pulau ini.

Rasanya kurang puas kalau hanya daytour ke Similan. Untuk membuat wisatawan puas, pemerintah Thailand membuka live on board tour ke Similan. Dengan beberapa agen terpercaya, wisatawan diperbolehkan untuk berlayar di sekitar taman nasional selama 4-5 hari.

Lupakan Phuket, Ini Similan Harta Karun ThailandSimilan, harta karun Thailand. (Foto: iStock)

Situs resmi taman nasional juga memberikan saran untuk memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari. Itu karena kapasitas wisatawan ke pulau ini juga dibatasi.

Untuk traveler yang penasaran dengan keindahan pulau ini, jangan ragu-ragu liburan akhir tahun ke Similan Islands ya!




Simak Video "Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA