Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Des 2019 05:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara yang Polisinya Paling Santuy

Afif Farhan
detikTravel
Polisi di Islandia (Instagram/logreglan)
Reykjavik - Tahu dong kalau Islandia punya alam yang menawan. Tapi tahu nggak kamu, kalau polisi di sana santuy banget.

Islandia adalah negara kecil di bagian utara dari daratan Eropa, dengan luas 102,7 km persegi dan populasinya 300 ribu jiwa. Negara yang terkenal dingin, tapi punya bentang alam yang indah.

Islandia pun merupakan salah satu negara paling bahagia di dunia dengan kriminalitas yang langka. Silakan cari di internet tentang daftar negara-negara paling bahagia atau paling aman. Pasti, Islandia masuk peringkat 10 besarnya.



United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dari PBB menyatakan bahwa angka kriminalitas di Islandia sangatlah rendah. Angka pembunuhan di sana adalah 1,8 per 100.000 penduduk per tahun. Bayangkan dengan Amerika, yang angkanya 5,8 per 100.000 penduduk.

Bahkan, para orang tua di sana sudah terbiasa meninggalkan bayinya begitu saja untuk bermain di luar ruangan. Kalau ke sekolah, mereka juga suka menintipkan anaknya ke orang lain jika tak punya waktu.

Negara yang Polisinya SantuyReykjavik, ibu kota negara Islandia (iStock)


Oleh sebab itu, Islandia tidak mempunyai satuan militer. Islandia hanya kepolisian saja yang bernama Logreglan.

Lewat Instagram dengan nama akun @logreglan, kepolisan setempat memposting berbagai aktivitas polisi sehari-harinya. Jangan bayangkan polisi yang sedang menilang atau melakukan aksi kejar-kejaran. Kebanyakan postingannya justru memperlihatkan polisi-polisi yang santuy banget!

Pekerjaan polisinya sehari-hari di sana kebanyakan membantu masyarakat yang kendaraannya rusak, memperbaiki jalan dan bercanda dengan orang-orang. Seperti pada foto ini, seorang polisi yang lagi berisitrahat setelah bersepeda bersama anak kecil.

[Gambas:Instagram]



Masyarakat di Islandia pun patuh pada peraturan, sehingga polisi jarang melakukan penilangan. Kocaknya, polisi malah menilang anak ini dan mengingatkan untuk tidak ngebut. Duh ya ada-ada saja...

[Gambas:Instagram]





Polisi Islandia yang satu ini punya tato dan terlihat gahar. Tapi kalau disuruh pose, malah kayak begini.

[Gambas:Instagram]



Satu hal yang menjadi 'agenda wajib' bagi para polisi di Islandia adalah mengajak anak kecil jalan-jalan naik mobil polisi. Sekaligus, diajarkan sejak dini untuk tertib lalu-lintas ya pak?

[Gambas:Instagram]





Main-main di salju juga menjadi kegiatan sehari-hari polisi di sana. Bahkan dalam foto ini, perhatikan hahstag-nya adalah #seriousbusiness

[Gambas:Instagram]



Polisi Islandia terkenal jago freestyle sepeda lho!

[Gambas:Instagram]



Meski suka bercanda, polisi Islandia tetap berlatih dengan serius. Jangan macam-macam ya!

[Gambas:Instagram]



Jadi ingin ke Islandia deh, melihat alam yang indah dan bertemu polisi-polisinya yang santuy!

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Pulang dari Italia, Pria di Islandia Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA