Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 12:37 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Belahan Bumi Paling Jarang Dijamah Manusia

Bonauli
detikTravel
Foto: (iStock)
Jakarta - Berada di tengah lautan, tak ada akses, dan tak berpenghuni. Inilah beberapa tempat di Bumi yang relatif belum terjamah oleh manusia.

Dunia kita sangatlah luas. Saking luasnya, ada beberapa tempat di dunia yang belum dijelajahi. Terbatas akses dan alamnya yang ekstrem, tempat-tempat ini pun jarang dihuni. Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, beberapa nama ini menjadi daftar tempat yang paling jarang dijelajahi di bumi.

Mari mulai dari Gurun Namib di Afrika. Gurun di Namibia ini menjadi salah satu yang tertua di dunia. Melalu banyak riset yang dilakukan, peneliti menyatakan bahwa banyak area di gurun ini yang belum tersentuh manusia.

Islandia punya The Island of Surtsey yang merupakan daerah vulkanik. UNESCO menyebutkan bahwa pulau di Islandia ini hanya dibuka untuk beberapa peneliti yang terlatih.

Karena sangat jarang disentuh manusia, pulau ini lebih mirip tempat tinggal alien. Erupsi dari gunung vulkaniknya terjadi terus-menurus.

Di Asia tenggara sendiri ada Gua Son Doong di Vietnam. Saking luasnya, Son Doong Cave jadi gua alami terbesar dunia. Meski sudah ditemukan sejak 1990, gua ini juga belum dijelajahi semuanya.

Ada juga Gunung Gangkhar Puensum di Bhutan. Mungkin kamu belun tahu, bahwa Gangkhar Puensum adalah gunung yang tak terdaki tertinggi di dunia menurut BBC.

Gangkhar Puensum berada di perbatasan Tibet dan hanya pernah dijelajahi tahun 1994. Namun tak ada yang boleh sampai ke puncak gunung ini untuk menghormati kepercayaan orang-orang lokal.

Inilah 10 daftar tempat yang paling jarang dijamah manusia:

1. Gurun Namibia, Afrika
2. Pulau Surtsey, Islandia
3. Gua Son Doong, Vietnam
4. Gunung Gangkhar Puensum, Bhutan
5. Pulau Palmerston, Pasifik Selatan
6. Antartika
7. Pulau Devon, Kanada
8. Greenland
9. Sungai Salween (Thailand, Myanmar dan China)
10. Pulau Sentinel, Laut Andaman




Simak Video "Tak Ada Kasus Baru Covid-19, Vietnam Kembali Buka Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA