Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Des 2019 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ikan Paling Berbahaya, Makan Penis Manusia

Afif Farhan
detikTravel
Ikan candiru tampak lebih dekat (Science Source)
Brasilia - Bukan hiu apalagi piranha. Inilah candiru, ikan yang kecil ukurannya tapi bisa memakan penis manusia dari dalam. Hiii...

Kalau menyebut ikan paling berbahaya di dunia, nampaknya banyak yang setuju kalau menyebut piranha dan hiu. Wajar saja, dua-duanya punya gigi tajam dan begitu brutal memakan mangsanya.

Di Sungai Amazon yang melintasi beberapa negara di Amerika Latin seperti Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru terdapat ikan yang dinilai paling berbahaya di dunia. Candiru namanya.


Dilansir detikcom dari BBC Earth, Senin (23/12/2019), ikan candiru (Vandellia cirrhosa) disebut juga sebagai ikan vampir. Sebab, ikan ini menyukai darah.

Uniknya, ikan ini tidak punya bentuk yang mengerikan. Ikan candiru badannya ramping dan panjangnya kisaran 5-20 cm, paling panjang bisa mencapai 40 cm. Banyak juga yang menyebutnya sebagai ikan tusuk gigi.

Ikan Paling Berbahaya, Makan Penis ManusiaIkan Candiru. (Foto: All That's Interesting)

Ikan candiru sudah menjadi cerita horor bagi masyarakat yang hidup di sekitar Sungai Amazon dari berabad-abad silam. Barulah di abad ke-19, ikan candiru mencuri perhatian dunia sains.

Masyarakat di sekitar Sungai Amazon percaya, ikan candiru akan masuk ke dalam alat kelamin manusia baik itu penis dan vagina (walau kebanyakan penis). Saat ada orang yang mandi, ikan itu akan masuk ke alat kelaminnya dan memakan dagingnya dari dalamnya.


Cerita tentang ikan candiru masih dipercayai hingga kini. Para saintis pun sudah banyak yang melakukan penelitian.

Eugene Willis Gudger dari American Journal of Surgery melakukan penelitian tentang ikan candiru pertama kali, di tahun 1930. Diketahui, ikan candiru bagaikan parasit.

Ikan candiru pun menyerang ikan lain dengan cara masuk ke bagian insang. Kemudian dari dalamnya, ikan candiru memakan daging dan darahnya sampai mangsanya mati.

Ikan Paling Berbahaya, Makan Penis ManusiaIkan Candiru yang bisa memakan penis manusia dari dalam. (Foto: AFP)

Lantas, mengapa bisa ikan candiru masuk ke dalam alat kelamin manusia?

WR Allen, seorang ahli Iktiologi (cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan biologi ikan) menjelaskan, ikan candiru mendeteksi mangsa dari kotorannya. Nah, urin dari ikan dirasa ikan candiru mirip-mirip dengan urin manusia.

"Sehingga ketika orang buang hajat di dalam air, maka ikan candiru akan mendeteksinya dan masuk ke saluran alat kelamin. Itu akan terasa sangat sakit," terangnya.


Satu-satunya catatan medis terhadap ikan candiru yang memakan penis manusia adalah di tahun 1997. Di Manaus, ibu kota terpencil negara bagian Brasilia di Amazonas, ahli urologi Dr Anoar Samad mengoperasi seorang pria yang mengaku penisnya kesakitan.

Setelah dioperasi, ditemukan ikan candiru di dalam penis pria tersebut!

Masih banyak cerita lainnya tentang masyarakat di sekitar Sungai Amazon yang diserang ikan candiru. Hanya sayangnya, kebanyakan dari mereka tinggal di pedalaman dan tidak ada dokter yang menanganinya.



Ikan Paling Berbahaya, Makan Penis ManusiaHutan Amazon, habitat ikan Candiru. (Foto: iStock)

Ikan candiru masuk dalam daftar ikan paling berbahaya di dunia. Masyarakat di sekitar Sungai Amazon pun selalu berhati-hati saat beraktivitas di air dan menghindari buang hajat di dalam sungai.

Sebab bagi mereka, masuk ke dalam Sungai Amazon tanpa penuh kewaspadaan maka sama saja dengan tersambar petir atau terjun ke laut yang penuh hiu. Ikan candiru adalah bukti 'size doesn't matter'. Kecil, sih, tapi bikin ngeri kan?



Simak Video "Pandemi Corona Bikin Harga Saham Amazon Selangit!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA