Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Des 2019 23:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Sancaklar, Masjid Bawah Tanah yang Unik di Turki

Lusiana Mustinda
detikTravel
Masjid Sancaklar. Foto: archdaily
Jakarta - Bangunan masjid yang indah dan unik ini terdapat di Istanbul, Turki. Letaknya di bawah tanah dan menyatu dengan alam. Seperti apa ya tampilan masjid Sancaklar?

Masjid Sancaklar dibangun oleh perusahaan arsitek Emre Arolat Architecture yang terletak di Buyuk Cekmece, Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun di atas padang rumput yang luas namun berbatasan dengan kota.



Saking uniknya, masjid Sancaklar ini masuk sebagai salah satu masjid terbaik di dunia melalui nominasi Desain of the Year oleh Museum Desain di London dalam World Architecture Festival tahun 2013.

Tampilan masjid Sancaklar di Turki.Tampilan masjid Sancaklar di Turki. Foto: archdaily


Masjid ini dibuat dengan kombinasi batu berwarna abu-abu terang dengan beton cor. Dari atas bangunan masjid ini terlihat seperti gua sederhana namun tidak terlalu menjorok ke dalam.

Bagian dalam masjid Sancaklar.Bagian dalam masjid Sancaklar. Foto: archdaily


Kekontrasan antara batuan alam yang mengikuti kemiringan tanah dan pelat beton bertulang tipis membentang lebih dari 6 meter. Ruangan utama di dalam masjid memiliki lantai dengan langit yang berjenjang.

Keindahan masjid Sancaklar.Keindahan masjid Sancaklar. Foto: archdaily


Menurut sejarahnya masjid Sancaklar dibangun sejak tahun 2012. Hingga kini, banyak sekali wisatawan yang penasaran untuk datang dan beribadah di masjid yang indah ini.






Simak Video "Arsitektur Masjid Sancaklar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA