Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jan 2020 22:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tradisi Perang Tepung untuk Ambil Alih Kota

Bonauli
detikTravel
Tradisi perang tepung yang unik di Spanyol. (Foto: AFP)
Tradisi perang tepung yang unik di Spanyol. (Foto: AFP)
Ibi - Sebuah kota di Spanyol punya tradisi unik di penghujung tahun. Tradisi ini adalah perang tepung untuk mengambil alih kota. Penasaran?

Spanyol punya banyak tradisi unik yang menjadi incaran wisatawan dunia. Salah satunya adalah perang tepung atau biasa disebut Els Enfarinats.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Festival Els Enfarinats digelar di Kota Ibi di Alicante, Spanyol. Tradisi ini dilakukan pada 28 Desember tiap tahunnya. Sebenarnya tak ada yang tahu asal-usul dari tradisi ini. Yang pasti, tradisi ini sudah turun-temurun sejak 200 tahun yang lalu.

Tradisi Perang Tepung Untuk Ambil Alih KotaPerang tepung di Spanyol. (Foto: AFP)

Dalam satu hari, semua warga akan turun ke jalan dan mengenakan baju militer. Mereka mengambil alih kota!

Tenang, ternyata tradisi ini hanya bohongan. Jadi peserta pria yang sudah menikah harus mengenakan seragam militer bohongan. Kemudia pria lajang akan menjadi pihak oposisi atau pakaian jalanan.

Dua kubu ini akan saling berperang dengan lemparan tepung dan telur. Warga yang lajang akan berpura-pura untuk mengambil alih kota, kemudian di lawan dengan pihak militer bohongan, pria yang sudah menikah.

Tak hanya pria, para wanita pun ikut meramaikan acara perang tepung ini. Tak hanya tepung dan telur, festival ini juga diwarnai dengan kembang api dan petasan. Setelah berperang seharian, tentu saja akan ada kerusakan sarana umum. Pihak yang kalah harus membayar denda untuk memperbaiki fasilitas kota.

Tradisi Perang Tepung Untuk Ambil Alih KotaTradisi unik perang tepung di Spanyol. (Foto: AFP)

Tak cuma membayar benda, pihak yang kalah juga harus dihukum 'penjara' dan diarak keliling kota. Tenang saja, penjaranya hanya main-main kok.

Sebenarnya, festival ini adalah bagian dari perayaan Days of the Innocents. Tradisi ini diyakini telah tumbuh dari Fiesta de los Locos, yaitu festival Romawi kuno, Saturnalia. Tapi siapa pun boleh datang ke kota ini dan ikut merayakan keseruan perang tradisional ini.

Bagaimana menurutmu?




Simak Video "Rentetan Gol Spanyol Gebuk Malta 7-0"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA