Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 16:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lampu Motor dan Sinar Matahari di Negara-negara Nordik

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi negara nordik. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang mahasiswa tidak terima ditilang karena tak menyalakan lampu motor. Ia mengajukan gugatan ke MK dan menyebut-nyebut negara Nordik. Nah, sudah tahu apa saja negara nordik itu?

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI), Jakarta, Eliadi Hulu, ditilang karena tak menyalakan lampu motor di siang hari. Tak terima, Eliadi menggugat Pasal 197 ayat 2 dan Pasal 293 ayat 2, yaitu:

Pasal 197 ayat 2:
Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.


Pasal 293 ayat 2
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Dalam gugatannya, Eliadi memaparkan bahwa negara-negara yang pertama kali menerapkan wajib menyalakan lampu utama pada sepeda motor siang hari adalah negara-negara Nordik yang berada di bagian utara bumi yang sinar mataharinya sangat sedikit pada siang hari. Sehingga membutuhkan bantuan penerangan dengan konsep pencahayaan lampu daytime running lamp (DRL).

Lantas, negara mana saja yang masuk wilayah atau negara-negara nordik? Ada apa dengan sinar matahari di sana?

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA