Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 21:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Danau Kerangka Manusia Paling Misterius di Dunia

Afif Farhan
detikTravel
Kerangka manusia di Danau Roopkund (Wikimedia Commons)
Uttarakhand - Ramai soal penemuan kerangka manusia di rumah kosong di Bandung. Kalau ini, cerita danau berisi kerangka manusia paling misterius di dunia.

Five of The Scariest Places on Earth, begitu sebutan dari BBC Travel untuk menggambarkan Danau Roopkund. Selain itu, banyak media internasional yang juga menyebut danau tersebut sebagai salah satu tempat paling misterius di Bumi.



Danau Roopkund berlokasi di Distrik Chamoli di wilayah Uttarakhand, sebelah utara India dan masuk dalam kawasan Pegunungan Himalaya. Jaraknya dari Kota New Delhi, 10 jam naik mobil. Danau ini sendiri ada di ketinggian 5.000 mdpl.

Uniknya, danau tersebut hanya muncul saat musim panas alias ketika es mencair. Danaunya cukup luas, terapit oleh pegunungan yang menjulang tinggi.

Saat danaunya terlihat, saat itu juga terlihat pemandangan yang tak biasa. Ratusan tengkorak dan kerangka manusia berserak di sekitar danaunya!

Kisah Danau Kerangka Manusia Paling Misterius di DuniaDanau Roopkund (Haunted India)


Tengkorak dan kerangka manusia di sana pertama kali ditemukan tahun 1942. Kala itu, seorang penjaga hutan setempat dan beberapa pendaki menemukan danau yang ada di tengah-tengah lembah.

Saat didekati, mereka dibuat bergidik. Ratusan tengkorak dan tulang belulang manusia berserakan di sana!

Para ahli turun tangan untuk mencari kebenaran. Tahun 2004 para peneliti arkeologi dari India melakukan tes DNA. Dinilai tengkorak-tengkoraknya sudah ada sejak abad ke-9!

Diyakini, tengkorak-tengkorak itu adalah suku-suku di sekitar Pegunungan Himalaya. Mereka semua disinyalir tewas terkena hujan salju dengan esnya seukuran bola kriket.

Kisah Danau Kerangka Manusia Paling Misterius di DuniaKerangka manusia di danaunya (Haunted India)




Namun, hasil penelitian itu belum memuaskan. Tahun berikutnya, penelitian kembali dilakukan. Hasilnya lebih mengejutkan.

Dinilai, ada dua kelompok pada sekitar 300 kerangka manusia di sana. Kelompok pertama adalah mereka yang tewas di abad ke-9, lalu kelompok kedua yang tewas di abad pertengahan sekitar abad ke-17!

Dalam analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, tim peneliti melakukan tes DNA pada setiap tulang (baik tulang paha dan tulang lengan atas). Hasil dari 38 tulang yang diteliti, ternyata 23 tulang memiliki keturunan dengan orang-orang India. 14 Tulang lainnya, terhubung pada keturunan orang-orang dari Mediterania (Yunani). Terakhir, satu tulang memiliki keturunan orang Asia Tenggara.

"Dari penelitian pada tulangnya, ada jenazah yang badannya tinggi besar serta ada yang kurus. Mereka berbeda-beda," begitu tulisan pada jurnalnya.

Kisah Danau Kerangka Manusia Paling Misterius di Dunia(Haunted India)


Satu yang pasti, kematian orang-orang di Danau Roopkund bukanlah karena peperangan. Sebab, banyak tengkorak yang masih bagus dan tidak ada peninggalan senjata-senjata seperti tombak atau lainnya.

Banyak spekulasi bermunculan. Dari masyarakat India sendiri, mereka percaya kalau di danau itu Sang Dewi penjaga gunungnya marah kepada para pendatang. Sehingga menghujani mereka dengan batu yang sangat keras.

Sedangkan para peneliti menilai, bisa jadi kerangka-kerangka tersebut adalah jenazah para suku-suku di Himalaya yang sedang melakukan perjalanan. Serta, bisa jadi orang-orang Mediterania dan Asia Tenggara melintasinya karena merupakan jalur perdagangan.

"Masih belum jelas apa yang membawa orang-orang ini ke Danau Roopkund atau bagaimana mereka mati. Mengapa ada kerangka dari dua 'zaman' yang berbeda, apa yang membuat mereka ke sana, serta benarkah dulunya itu jalur perdagangan," kata salah seorang peneliti dari India, Niraj Rai.

Kisah Danau Kerangka Manusia Paling Misterius di DuniaSaat es mencair, terlihat jelas tengkorak dan kerangka manusia di Danau Roopkund (Haunted India)


Kathleen Morrison, seorang antropolog dari University of Pennsylvania punya pendapat lain. Jika ada satu tempat berisi tengkorak dan kerangka manusia, maka sudah dipastikan itu adalah kuburan massal,

"Saya berpendapat, bisa jadi orang-orang zaman dulu meletakkan jenazah-jenazah di danau itu. Kecil kemungkinan kalau ratusan orang mati di danau itu dalam satu waktu dan terus berulang," tegasnya.

Hingga kini, Danau Roopkund masih jadi misteri...

Simak Video "Serikat Pedagang India Minta Warga Boikot Barang China!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA