Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jan 2020 18:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Air Terjun Ini Bisa Kamu Naiki Lho, Tak Licin Kok

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Air Terjun Bua Tong di Chiang Mai, Thailand (Facebook)
Chiang Mai - Air terjun umumnya identik dengan kesan basah dan licin. Tapi air terjun di Thailand ini malah tidak licin dan bisa dinaiki dengan mudah.

Dilansir detikcom dari situs resmi Tourism Authority of Thailand (TAT), air terjun unik yang bernama Bua Tong di dekat Chiang Mai adalah salah satu yang terbilang cukup unik.

Berlokasi persis di Mae Ho Phra, Air Terjun Bua Tong juga dikenal di kalangan pejalan dengan nama sticky waterfall atau air terjun lengket. Sekilas, bentuknya seperti air terjun biasa yang mengalir dari ketinggian ke bawah lewat sejumlah bebatuan.

Air terjun ini disebut orang tidak licinAir terjun ini disebut orang tidak licin (Facebook)

Hanya ketika kamu mencoba untuk berjalan di atas bebatuan air terjun yang berundak-undak itu, kesan air terjun yang identik dengan kesan licin itu akan mendadak langsung sirna. Ya, batuan air terjunnya disebut sama sekali tidak licin.

Diketahui, air dari air terjun itu berasal dari mata air di puncaknya yang kaya akan kalsium. Seiring berjalannya waktu, kandungan mineral yang mengalir di atas air itu malah membentuk tekstur khusus di atas batuan.


Ketimbang licin, batuan di air terjun itu malah mengeras dan membuatnya mudah dinaiki bahkan dengan kaki telanjang. Hanya saja traveler harus waspada, karena tak semua batu tidak licin. Hal itu dapat dikenali lewat warna batu yang sedikit lebih keabu-abuan.

Apabila ingin lebih, traveler juga bisa trekking dari puncak air terjun menuju sumber air dan kuil Nam Phu Chet Si di dalam hutan. Dipercaya, kalau air di sana memiliki khasiat baik untuk penyembuhan karena kadar mineralnya yang tinggi.

Bisa trekking jugaBisa trekking juga (Facebook)

Di kalangan wisatawan lokal, nama Air Terjun Bua Tong sudah cukup populer. Tidak heran kalau air terjun ini cukup disesaki oleh masyarakat saat libur akhir pekan.

Hanya saja, jumlah turis yang datang ke sini belum terlalu banyak. Setidaknya kamu bisa berwisata dengan tenang, tanpa perlu repot menghindari keramaian turis.

Cara ke sana:

Air Terjun Bua Tong berlokasi sekitar 32 Km di Utara Chiang Mai. Untuk mencapainya, dari Chiang Mai kamu bisa menuju tol 1001 hingga melihat rambu jalan bertuliskan Bua Tong. Tidak dikenakan biaya untuk berkunjung ke air terjun ini. Buka dari pukul 08.00-17.00 waktu setempat.



Simak Video "Puluhan Tembakan Terdengar di Pusat Kota Bangkok"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA