Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 22:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Film 'Underwater' dan Kenyataan dalam Palung Mariana

Bonauli
detikTravel
Palung Mariana (Five Deeps Expedition)
Jakarta - Film 'Underwater' memakai Palung Mariana sebagai latar dari ceritanya. Berada di palung terdalam dunia, ada apa sih di dalam palung ini?

Palung Mariana selalu bisa menarik perhatian. Kali ini, Palung Mariana menjadi set dari film Hollywood yang berjudul 'Underwater'.

Film yang menceritakan tentang kehidupan para pengebor minyak di dalam lautan ini diperankan oleh Kirsten Stewart, Vincent Cassel, John Gallagher, Jessica Henwick dan T.J. Miller.

Pengeboran dilakukan di titik 11 km Palung Mariana. Faktanya, sudah ada manusia yang menginjakkan kaki ke titik ini, Victor Vescovo, seorang penjelajah dengan ekpedisi yang bernama Five Deeps.

Film Underwater dan Palung MarianaFoto: iStock




Palung Mariana membentang sepanjang 2.550 km dengan lebar 63 m di barat Samudera Pasifik sampai ke timur Pulau Mariana. Tepatnya dekat Pulau Guam.

Di dalam film terlihat bangunan pengebor minyak yang di Palung Mariana. Aslinya, dititik 11 km ini kosong melompong. Bahkan dalam ekspedisi ini, ada sampah plastik dan bungkus permen yang menghuni.

Beberapa hal dimasukkan dengan sangat apik di dalam film. Seperti tekanan yang sangat tinggi. Tekanan yang terjadi di kedalaman 11 km tidaklah main-main. Tekanannya mencapai 8 ton per inchi persegi.

Film Underwater dan Palung MarianaFoto: (Five Deeps Expedition)


Kalau mau diilustrasikan seperti 50 unit pesawat jet terbesar dunia atau 1.600 ekor gajah Afrika yang ditumpuk di atas tubuhmu sekaligus. Errgh...



Berada di dalam palung ini juga mesti berhati-hati. Karena dititik ini adalah zona misterius. Artinya daerah palung ini sangat minim penjelajahan. Jelas saja, di titik ini tak ada cahaya matahari sama sekali.

Diketahui ada banyak hewan dan tumbuhan dengan bentuk tidak biasa hidup di sini. Mereka kebanyakan adalah karnivora dan species yang langka. Contohnya adalah seadevil yang menggunakan cahaya untuk mencari mangsa.

Itu belum seberapa. Kalian tahu tidak, kalau Palung Mariana memiliki kedalaman yang menakjubkan hingga mengalahkan Gunung Everest. Bahkan para peneliti percaya kalau palung ini tidak ada ujungnya. Ini artinya titik eksplorasi di kedalaman 11 km sangatlah 'dekat'.

Film Underwater dan Palung MarianaFoto: Underwater (dok.20th Century Fox)


Asal-usul Palung Marian terus dicari. Dari penelitian diketahui bahwa palung ini sudah terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu. Palung ini terbentuk karena adanya tumbukan dari lempeng tektonik Pasifik dan lempeng Filipina.



Karena masih menjadi misteri, Palung Mariana dipercaya sebagai 'tempat aman' beberapa hewan purba seperti Hiu Megalodon. Sangat beresiko untuk turun ke palung ini. Belum lagi, biaya teknologi yang sangat besar.

Kalau penasaran dengan gambaran kehidupan di Palung Mariana, film 'Underwater' cukup memberikan gambarannya.

Simak Video "Asyiknya Swafoto Underwater bareng Ikan-ikan di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA