Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Djokovic Juara Australia Terbuka 2020 yang Hidupkan Wisata Kampung Halaman

Femi Diah
detikTravel
MELBOURNE, AUSTRALIA - FEBRUARY 03: Novak Djokovic of Serbia poses during the 2020 Australian Open Mens Trophy Media Opportunity at Royal Botanic Gardens Victoria on February 03, 2020 in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Novak Djokovic turut menghidupkan wisata Belgrade. (Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta -

Novak Djokovic tak cuma menunjukkan kualitasnya setelah meraih gelar juara tenis grand slam ke-17-nya di Australia Terbuka 2020. Dia sekaligus mendongkrak gairah wisata kota kelahirannya, Belgrade, Serbia.

Perang di tahun 2006 membuat Serbia tak memiliki pahlawan di era modern. Tapi, kemudian Djokovic muncul dan merajai sejumlah turnamen tenis dunia.

Akhir pekan lalu, dia baru saja membuktikan bahwa dirinya belum habis. Petenis yang akrab disapa Nole itu mengoleksi gelar juara grand slam ke-17 di Melbourne usai mengalahkan Dominic Thiem 6-4, 4-6, 2-6, 6-3, dan 6-4 di babak final, Minggu (2/2/2020).

Rentetan sukses itu membuat Nole menjadi pahlawan olahraga bagi Serbia. Deretan poster besar dia sebagai bintang iklan terpampang di sejumlah sudut Begrade. Traveler juga akan dengan mudah menemukan toko merchandise khusus tentangnya di Bandara Belgrade.

Tak cuma itu, barista, bartender, dan pegawai hotel akan dengan senang mengisahkan pengalaman mereka melayani Nole atau keluarga petenis 32 tahun itu.

Dari laporan Serbia Tourism Board, tak sedikit traveler yang sengaja menjadikan Belgrade sebagai destinasi wisata karena jejak Nole. Apa saja?

1. Pusat Tenis Novak

Novak Djokovic berada di Novak Tennis Center bersama anak-anak. Novak Djokovic berada di Novak Tennis Center bersama anak-anak. Foto: Srdjan Stevanovic/Getty Images

Novak Tennis Center dibangun tak jauh dari bangunan tertua bentang Belgrade, sekitar 20 menit jalan kaki. Pusat tenis itu dibangun keluarga Nole pada 2009 di reruntuhan fasilitas olahraga.

Sekarang kompleks tenis itu berkembang dengan memiliki 14 lapangan, 11 di antaranya merupakan lapangan tanah liat. Kawasan itu disebut-sebut sebagai area olahraga terkeren di negara itu.

Penduduk lokal sih biasanya menyewa lapangan itu untuk berlatih, tapi traveler bisa menikmati deretan trofi dan medali, termasuk medali perunggu Olimpiade 2008 Beijing.

2. Cafe dan Restoran Novak 1

[Gambas:Instagram]

Orang tua Djokovic memiliki kedai pizza di Kopaonik, sebuah kawasan di Serbia yang berjarak sekitar 160 mile dari Belgrade. Itu sebelum Nole menjadi petenis terkenal, masih di tahun 1980-an.

Setelah menjadi petenis nomor satu dunia, Nole membangun restoran Novak 1 Cafe & Restaurant. Selain namanya, restoran itu juga identik degan Nole karena memiliki patung Nole di pintu masuk, juga trofi, tumpukan bola tenis, foto-foto Nole sedang bertanding, serta benda-benda bernuansa Nole yang dijual kepada pengunjung, di antaranya berupa parfum, dan kacamata, serta T-shirt.

Restoran itu menawarkan menu serba domba hingga spring roll, dan aneka pilihan menu vegan. Tapi, bagi traveler bukan soal menu yang utama, namun siap yang melayanimu. Andai beruntung, bukan tak mungkin keluarga Nole langsung yang menyuguhkan makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA