Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 20:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Keren, Sirkus di Jerman Tak Lagi Pakai Hewan, Diganti Hologram!

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Sirkus Roncalli berhenti menggunakan hewa hidup, tapi menggantinya dengan hologram
Foto: Sirkus Roncalli di Jerman (dok. Circus Roncalli)
Berlin -

Sebuah sirkus di Jerman memutuskan tak lagi memakai hewan hidup di pertunjukannya. Alasannya sungguh menyentuh, karena mereka tidak ingin menyakiti hewan.

Pertunjukan sirkus biasanya identik dengan atraksi hewan-hewan lucu yang bisa meniru suara dan gerakan manusia, atau bahkan bisa diajak berinteraksi dengan pengunjung. Tapi sebuah sirkus di Jerman, memutuskan untuk tidak lagi menggunakan hewan hidup di setiap pertunjukannya.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (14/2/2020), sirkus yang memutuskan untuk tak lagi melibatkan hewan dalam pertunjukannya itu bernama Sirkus Roncalli. Sirkus ini sudah ada sejak tahun 1976.



Sirkus Roncalli adalah sirkus pertama di dunia yang tak lagi melibatkan hewan-hewan hidup. Mereka mengganti hewan-hewan hidup seperti gajah, singa, kuda, hingga anjing sirkus dengan menggunakan teknologi hologram.

Sirkus di Jerman Tak Lagi Pakai Hewan, Alasannya MenyentuhFoto: (dok. Circus Roncalli)


Ya, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan hewan-hewan dalam bentuk hologram yang ditembakkan oleh proyektor ke arena sirkus. Ada 11 proyektor laser ZU850 yang digunakan untuk menciptakan pertunjukan keren ini.

Teknologi super canggih ini dikembangkan oleh kerja sama perusahaan bernama Otoma dan BlueBOX. Gambar hologram hewan-hewan yang tercipta tampak seperti kenyataan.


Hewan hologram ini bahkan bisa diajak berinteraksi dengan penonton. Lebih dari itu, tidak ada hewan hidup yang tersiksa di pertunjukan canggih tersebut.

"Kebanyakan sirkus memakai artis dan badut di pertunjukannya, tapi fokus kami di Sirkus Roncalli adalah bagaimana menciptakan pertunjukan yang puitis dan akrobat yang unik," kata Markus Strobl, Direktur Media Sirkus Roncalli.

Penggunaan hewan hidup untuk pertunjukan sirkus memang jadi perdebatan selama hampir 3 dekade terakhir. Banyak pecinta hewan yang menganggap tindakan melibatkan hewan dalam pertunjukan sirkus adalah salah satu bentuk penyiksaaan.

Sirkus di Jerman Tak Lagi Pakai Hewan, Alasannya MenyentuhFoto: (dok. Circus Roncalli)


Kampanye dari organisasi pecinta satwa seperti PETA, menuntut agar pertunjukan sirkus tak lagi memakai hewan sebagai bagian dari atraksi hiburan. Terlebih sudah jadi rahasia umum kalau untuk melatih hewan-hewan itu, mereka menggunakan metode yang cukup barbar.

Para penonton yang menyaksikan sirkus hologram untuk pertama kalinya, pun mengaku terkesan. Mereka memuji Sirkus Roncalli yang akhirnya menghentikan aksi hewan-hewan di pertunjukannya.

"Menakjubkan. Terima kasih Sirkus Roncalli atas kemurahan hati dan kasih sayang kalian," cuit @JessciaKnapik.


"Pertunjukan hologramnya sangat kontemporer, dan fakta bahwa sirkus ini tidak hewan yang terlibat sangatlah bagus," komentar Katja Burkard.

Di Inggris, pelarangan hewan untuk atraksi sirkus sudah tertuang dalam sebuah undang-undang yang berlaku efektif Januari 2020. Hewan-hewan seperti unta, rusa dan zebra dilarang untuk operator sirkus di seluruh Inggris.



Simak Video "Pertunjukan Sirkus, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA