Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Feb 2020 21:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rumah di Italia Bisa Sewa Gratis, Asal Ada Anak 1 dan Tinggal 3 Tahun

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Sejumlah kota di Italia ditinggalkan penduduknya dan mulai mengalami penurunan jumlah penduduk.
Salah satu sudut kota Teora, Italia Foto: CNN
Teora -

Sejumlah kota di Italia ditinggalkan penduduknya dan mulai mengalami penurunan jumlah penduduk. Untuk mengatasinya beberapa kota mulai mencoba melakukan repopulasi ulang dengan menawarkan rumah dengan harga yang tidak masuk akal cuma 1 euro saja.

Tapi Kota Teora, sebuah kota di Campania, Italia, mengambil strategi lain agar orang mau tinggal di kota itu. Mereka menawarkan sewa rumah kosong secara gratis atau dibeli seharga 5.000 euro atau Rp 74 juta saja.

Namun ada syaratnya, calon pembeli atau penyewa wajib tinggal di kota itu selama 3 tahun dan harus sudah punya anak minimal 1 anak. Cara ini menurut Walikota Teora, Stefano Farina lebih mujarab membawa penduduk baru ketimbang menjual rumah seharga 1 euro.

Jika hanya menjual rumah seharga 1 euro, Farina merasa orang hanya akan datang ke Teora sekedar untuk liburan singkat saja.

"Saya merasa menjual rumah kosong seharga 1 euro bukan sebuah insentif yang cocok buat orang agar mau tinggal di kota," ujarnya kepada CNN seperti dikutip Selasa (18/2/2020).

"Mereka mungkin datang selama beberapa bulan untuk liburan. Itu bukan solusinya. Tapi jika mengambil perumahan dan menyekolahkan anak akan membawa napas baru untuk kehidupan," ujarnya.

Menurut Farina, populasi kota Teora terus menurun drastis sejak gempa bumi tahun 1980 yang membuat beberapa bagian kota hancur. "Dua bayi lahir di Teora setiap tahun, sementara itu 20 orang dewasa meninggal. Penduduk di sini di bawah 1.500 orang, setelah gempa yang cukup besar itu, banyak anak muda yang pergi dari kota ini. Saya ingin membalikkan tren yang negatif ini," ujarnya.

Rumah yang bisa disewa dalam kondisi yang sangat bagus dan sudah direnovasi setelah gempa. Kota itu juga menawarkan makanan untuk anak sekolah dan membebaskan pajak untuk pelayanan masyarakat.

"Sejauh ini sudah ada 2 keluarga Italia yang baru tinggal dan 1 keluarga dari Brasil yang punya darah Italia. Mereka bahkan membawa para kakek/nenek," ujar Farina.

Dia pun berharap ada keluarga lain yang menyusul ke Teora. Traveler ada yang tertarik?



Simak Video "Dalam Sehari 250 Tewas dan 2.000 Terinfeksi Corona di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA