Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terowongan Terpanjang Se-Dunia Gerogoti Pegunungan Alpen

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Gotthard Base Tunnel Swiss
Jalur lama, Gotthard Base Tunnel Swiss (Foto: CNN)
Zurich -

Sekitar ratusan meter di bawah perut Pegunungan Alpen Swiss terdapat jaringan terowongan terpanjang sedunia. Terowongan ini adalah merupakan terowongan untuk jalur kereta berkecepatan tinggi.

Seperti dilansir CNN, Selasa (25/2/2020) jalur ini hampir selesai dibangun. Namanya Gotthard Base Tunnel yang bakal membentang sejauh 57 kilometer.

Gotthard Base Tunnel adalah proyek besar dengan nilai mencapai USD 11,3 miliar. Titik terdalam terowongan ini berada kedalaman 2,4 kilometer di bawah puncak Alpen.

Lebih dari 2.500 orang mengerjakan konstruksi Gotthard Base Tunnel. Hampir 30 juta ton granit diledakkan sebelum memasang hampir 402 kilometer rel baja dan memasang ribuan kilometer kabel untuk sistem kelistrikan, pensinyalan, dan sistem komunikasi.

Penggalian dari dua sisi terowongan ini selesai pada tahun 2011 dan menggunakan kombinasi mesin bor dan peledakan. Jumlah batu yang dihasilkan dari penggalian terowongan ini begitu banyak, jika ditaruh ke kereta wagon dapat membentang sejauh Zurich ke Chicago, jarak 7.145 kilometer.

Jauh di dalam terowongan, ada dua stasiun multi-fungsi. Yang terbesar ada di Sedrun dan Faido memungkinkan kereta melintas di antara dua terowongan saat pemeliharaan sedang berlangsung atau dalam keadaan darurat.

Sedrun dimaksudkan untuk menjadi stasiun penumpang bawah tanah terdalam di dunia, yang dikenal sebagai Porta Alpina. Ada elevator setinggi 792 meter yang menghubungkannya ke desa-desa di atas, tetapi rencana itu dibatalkan pada 2012 karena terlalu mahal.

Terowongan Terpanjang Sedunia Gerogoti Pegunungan AlpenGotthard Base Tunnel Swiss (Foto: CNN)

Gotthard Base Tunnel dalam rencana akan dibuka pada 2016, namun tak terealisasi. Pertama kali diusulkan sejauh tahun 1947, jalur melalui Pegunungan Alpen ini didukung oleh referendum nasional Swiss pada tahun 1992 dan uji coba pengeboran dimulai setahun kemudian.

Gotthard Base Tunnel jadi kekuatan ekonomi

Dengan adanya terowongan, dipercaya akan meningkatkan perekonomian dan memperpendek waktu tempuh. Waktu perjalanan turis antara Zurich dan Milan akan dikurangi menjadi hanya dua setengah jam. Perbandingannya, empat jam lebih lama jika melalui rute Gotthard yang lama.

Jika melalui Gotthard Base Tunnel, kereta menghindari jalur spiral dari rute gunung tua, memperpendek jarak sejauh 40 kilometer. Waktu perjalanan yang lebih pendek berarti jumlah penumpang bisa meningkat 30% setelah dibuka.

Seytelah melewati terowongan Gotthard Base Tunnel, perjalanan tetap sama. Kereta akan menyusuri Danau Zurich dan Zug, melewati pabrik pisau Swiss Army di Schwyz sebelum melintasi bagian timur Danau Luzern menuju Altdorf.

Terowongan Terpanjang Sedunia Gerogoti Pegunungan AlpenGotthard Base Tunnel Swiss (Foto: CNN)

Ketika melewati Gotthard Base Tunnel, tidak ada lagi pemandangan dari ketinggian. Suhu di dalamnya bisa mencapai 40 derajat celcius.

Swiss telah banyak berinvestasi pada Gotthard Base Tunnel. Jalur ini akan jadi rute perdagangan yang lebih besar.

Nama resmi Gotthard Base Tunnel adalah Neue Eisenbahn Alpentransversale atau New Trans-Alpine Railways yang menghubungkan Eropa Utara dan Italia. Seperti GBT, terowongan pangkalan kedua juga beroperasi ke barat, menghubungkan Basel, Bern, dan Milan.

Terowongan Pangkalan Lotschberg sepanjang 34 kilometer jadi rute yang lebih pendek, lebih datar di bawah Pegunungan Alpen Bernese sejak 2007. Untuk melindungi wilayah Alpen yang sensitif dari peningkatan lalu lintas jalan, Federasi Swiss berupaya untuk memindahkan barang dari jalan ke kereta sebisa mungkin.

Gotthard Base Tunnel diperkirakan selesai dibangun pada tahun 2028. Rute ini lebih datar yang memungkinkan kereta barang untuk melewati Kota Innsbruck. Perjalanan dari Innsbruck ke Bolzano di Italia akan dipotong dari dua jam menjadi 50 menit saja.



Simak Video "Terowongan Rahasia di Perbatasan AS-Meksiko Terungkap"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA