Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mar 2020 07:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Depresi dan Ansos? Tempat Ini Punya Solusinya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Bar di Taipei, Taiwan.
Bar bertema khusus di Taiwan (The Misanthrope Society)
Taipei -

Depresi menjadi salah satu aspek kesehatan mental yang sedang disuarakan. Taipei merespons dengan membangun bar khusus untuk orang-orang depresi.

Tersembunyi di sebuah gang buntu, berdiri sebuah bar khusus bagi orang-orang depresi dan anti sosial (ansos) yang bernama The Misanthrope Society. Dilansir detikcom dari CNN, Kamis (5/3/2020), sosok kerangka tengkorak yang memegang gelas wine dan rokok menjadi ciri khasnya.

Seakan kurang seram, di atas kerangka tengkorak itu tertulis juga sebuah kutipan dari penulis kenamaan Franz Kafka. Kata-katanya, tak kalah gelap dengan ikon tengkorak itu sendiri.

"Ada harapan yang tak terbatas di dunia ini, tapi tidak untuk kita," bunyi kutipannya.

Diketahui, bar itu didirikan oleh sang pemilik bernama Chen Xiaoguai yang merupakan seorang penderita depresi. Dalam perjalanannya, Chen ingin menghadirkan sebuah tempat khusus untuk kaumnya.

"Kami memanggilnya The Misanthrope Society yang artinya kamu bebas membenci dunia ini sebanyak yang kamu mau di sini," ujar Chen.

Depresi dan Ansos? Tempat Ini Punya SolusinyaFoto: (The Misanthrope Society)

Lebih lanjut, Chen mengaku bahwa dirinya ingin menarik orang-orang dengan kisah depresi. Maksudnya, mereka jadi bisa saling bertemu dan membantu sama lain untuk merasakan kehangatan dari orang lain.

Chen pun mengaku, ia mendapat inspirasi untuk membuka tempat itu setelah sebulan direhab di sebuah rumah sakit jiwa. Lokasinya pun sengaja dipilih di pojokan gang buntu yang gelap tanpa sinar matahari, tapi menyuguhkan kehangatan manusia di dalamnya.

"Saya kira bagian terpenting dalam kasus saya adalah bagaimana keluar dari sisi suram melalui bantuan banyak orang, teman yang saya temui di rumah sakit. Saya ingin mereplika bentuk dukungan ini," ujar Chen.

Hanya walau formatnya bar, The Misanthrope Society mengambil bentuk kedai kopi dan toko buku dengan pilihan tema psikologi dan novel suram berisi kegagalan hidup manusia.

Semenjak dibuka Februari lalu, bar ini telah dikunjungi oleh pengunjung reguler yang mengalami isu kesehatan mental. Tak sedikit yang datang untuk bicara, menangis hingga membaca buku.

Menunya pun tak kalah suramMenunya pun tak kalah suram (The Misanthrope Society)

Selain konsep bar yang unik, The Misanthrope Society juga menawarkan aneka pilihan makanan yang tak kalah ajaib. Sebut saja menu minuman gin Last Words, teh Ghost Island Tea hingga No Longer Human.

Pengalaman bersantap itu pun kerap didukung dengan suasana yang gelap, mulai dari warna tembok hingga menu dan piringnya. Toh siapa pun diperbolehkan datang ke bar yang satu ini.

Jika penasaran, lokasi persisnya ada di Roosevelt Road, Section 4, Lane 40, No. 1-2, Taipei, Taiwan. Buka setiap hari.



Simak Video "Kapal Selam Made in Taiwan Mulai Diproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA