Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Mar 2020 07:19 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Thouria, Kota Penting di Yunani namun Terpendam Amat Dalam

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Kota yang hilang di Yunani
Thouria merupakan kota penting di masa jayanya, namun kemudian terpendam. (BBC)
Thouria -

Yunani ternyata memiliki kota yang telah lama terpendam di bawah tanah. Konon katanya, kota itu sangat berpengaruh pada masanya, namun kini tak dikenal.

Jika berbicara tentang kota-kota yang berpengaruh di Yunani, biasanya yang akan muncul adalah Athena dan Sparta. Namun, ternyata ada daerah yang juga berpengaruh tapi tak banyak diketahui.

Dilansir dari BBC, ada daerah yang juga berpengaruh di Yunani yaitu Thouria, terletak di pinggiran kota, sekarang disebut kota selatan Kalamata. Tempat ini sering dirujuk sebagai salah satu kota paling signifikan di Messenia Barat, sebuah wilayah di bawah pemerintahan Spartan selama sekitar 400 tahun.

Sekarang, temuan arkeologis baru-baru ini mungkin menguatkan, bahwa, kota yang telah lama hilang ini jauh lebih penting dari pada yang dipikirkan sebelumnya.

Pada tahun 2007, arkeolog bernama Xeni Arapogianni memimpin penggalian di wilayah itu. Saat itu pula sisa-sisa tembok mulai terlihat. Apa yang ditemukan jauh dari yang diperkirakan, yaitu seluruh kota Thouria Kuno telah bersembunyi di bawah sana selama ini.

Foto: (BBC)

Sejauh ini, sudah ditemukan kuil, rumah serta pusat penyembuhan kuno yang mirip dengan rumah sakit. Penemuan yang sangat baru dan tidak terduga.

Sementara itu, pada tahun 2016, kelompok penggalian menemukan sisa-sisa teater yang terbuat dari batu kapur putih, diperkirakan berasal dari periode Hellenistic awal. Selain sisa teater, penggalian juga menemukan bagian dari stadium orkestra, patung-patung batu yang terpelihara dengan baik, serta saluran untuk mengalirkan air hujan berbentuk batu persegi panjang besar.

Ahli geografi Yunani, Pausanias, yang hidup pada abad ke 2 Masehi mencatat dalam buku perjalanannya yang mendeskripsikan Yunani, bahwa kota tua Thouria dibangun di atas bukit kemudian dipindahkan ke sebuah lembah.

Studi Arapogianni tentang situs masih berlanjut hingga hari ini. Sejak tahun 2011, mahasiswa dari seluruh dunia berpartisipasi dalam program penggalian yang dipimpin oleh Arkeolog untuk mengetahui metode arkeologis dan sejarah wilayah tersebut.



Simak Video "Heboh Virus Corona Tak Bikin Kota Tua Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA