Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mar 2020 17:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Calon Negara Superpower 2050

Syanti Mustika
detikTravel
5 negara superpower 2050
Ilustrasi China ( Getty Images/BBC)
Jakarta -

Walaupun sekarang dunia menghadapi Corona, bukan berarti perkembangan ekonomi akan terhenti. Diprediksi, inilah calon negara super power di tahun 2050.

Dilansir dari BBC, Selasa (24/3/2020) The Wrold telah memprediksi beberapa negara yang nantinya akan menguasai dunia. Beberapa dekade mendatang negara ini akan tumbuh super cepat mengalahkan negara adidaya sekarang.

Adapun 5 negara yang berpotensi berkembang pesat beberapa dekade mendatang sebagai berikut.

1. China

Bukan rahasia lagi jika China telah memiliki ekonomi besar di Asia. Terlihat dari keuntungan ekonomi besar-besaran selama dekade terakhir.

Perubahan pun tepat berada di depan mata penduduk. Mereka mengatakan bahwa 15 tahun yang lalu daerahnya hanyalah rawa dan pertanian. Namun sekarang telah berubah menjadi taman industri, pusat perbelanjaan, taman, restoran dan lalu lintas.

Perubahan menarik lain yang dimiliki China adalah sekelompok pengusaha baru dengan peluang tumbuh besar. Kota-kota besar seperti China, Shanghai adalah tempat bagi pengusaha ini tumbuh.

JohnPabon, warga Amerika pendiri Fulcrum StrategicAdvisors yang berbasis di Shanghai mengatakan bahwa Shanghai adalah kota wirausaha dan sangat komersil. S

5 Calon Negara Superpower 2050Foto: (Bagus Prihantoro Nugroho/detikTravel)

emua pihak dari pasar pagi hingga kantoran ada di sini.

Pabon juga mengatakan jika ingin hidup di sana, para ekspatriat harus bisa bahasa Mandarin. Tanpa Mandarin mereka bekerja terbatas dalam lingkaran sosial dan budaya. Bahkan ada kemungkinan jika ditolak di sana.


2. India

Negara dengan kepadatan populasi nomor dua dunia ini juga diprediksi akan berkembang selama 3 dekade ke depan dengan rata-rata PDB 5% per tahun. Angka ini menjadikannya sebagai salah satu ekonomi dengan pertumbunhan tercepat di dunia.

Diproyeksikan pada tahun 2050, India akan menjadi ekonomi terbesar di dunia menyusul Amerika Serikat dan akan menyumbang 15 persen PDB dunia.

Salah satu penggiat travel di India mengatakan bahwa dia merasakan pertumbuhan ekonomi. Hingga telah banyak perubahan seperti gaya hidup masyarakat, cara bersikap hingga pembicaraan yang berkembang.

Peningkatan juga terjadi di kualitas televisi, ponsel, dan merek mobil selama 15 tahun terakhir. Perjalanan udara pun menjadi sarana untuk menjankau kemanapun dan rumah-rumah menjadi lebih terlihat mewah dan kaya.

Adapun tantangan yang harus dihadapi India adalah kesetaraan warga negaranya. Ketimpangan sosial di India sangat terlihat. Dimana permukiman kumuh hidup di sebelah gedung-gedung tinggi.

Juga angka kriminal dan pelecehan terhadap perempuan sangat tinggi di India. Pemerkosaan, hingga pembunuhan membuat wanita di India tidak aman di lingkungan publik.

3. Brasil

Dalam beberapa dekade terakhir Brasil juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang meningkat di tengah tantangan korupsi dan inflansi. Pemerintah pun berjuang melawan inflansi dan mengendalikan korupsi hingga muncul pergerakan ekonomi di kalangan menengah.

Beberapa tantanganpun memungkinkan Brasil menjadi pengadopsi awal teknologi. Walau di awal 2016 resesi menghantam negara tersebut, namun beberapa tanda pertumbuhan terlihat bermunculan,.

Brasil punya potensi pertambangan, pertanian dan manufaktur dunia. Serta memiliki sektor jasa yang kuat dan berkembang pesat. Peningkatan juga terjadi di dunia pariwisata.

Terlepas dari faktor ekonomi, para pendatang baru Brasil mengatakan bahwa negara ini sangat ramah. Mereka pun tak sungkan mengajarkan orang asing belajar bahasa mereka.

5 Calon Negara Superpower 2050Foto: FG Trade/ Getty Images/BBC


4. Meksiko

Diprediksi Meksiko juga akan menjadi negara dengan ekonomi ketujuh di dunia. Fokus pada manufaktur dan ekspor telah mendukung sebagian besar pertumbuhan ekonomi beberapa tahun terakhir.

Seorang blogger traveling Federico Arrizabalaga, yang tinggal di Puerto Vallarta merasakan perubahan di Meksiko. Dia mengatakan harga bensin naik dua kali lipat dalam delapan tahun terakhir dan nilai peso Meksiko telah turun sekitar 50% dibandingkan dolar AS dalam 10 tahun terakhir.

Layanan kesehatan dan transportasi khususnya lebih terjangkau dari pada Amerika Serikat, Kanada dan Eropa. Serta sarana infrastruktur di Meksiko akan dibangun seiring dengan investasi pemerintah.

Setiap wilayah Meksiko sangat berbeda dalam iklim dan budaya, hingga disarankan untuk ekspatriat melakukan penelitian dan mengunjungi kota-kota di sana.

Warga lokal juga sangat terbuka, terlebih jika kamu bisa bahasa Spanyol.


5. Nigeria

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi besar di Afrika, ke depannya di tahun 2050 akan berkembang pesat dengan rata-rata 4,2 persen. Pemerintah telah berjuang melawan korupsi serta warga memiliki sikap kewirausahaan yang terus mendorong negara ke depan.

Menurut data Global Entrepreneurship Monitor, lebih dari 30% penduduk Nigeria adalah wirausaha baru atau pemilik-manajer bisnis baru, di antara angka tertinggi di dunia. Adapun tantangan dari negara ini adalah transportasi yang minim.

Namun mereka berusaha dengan membuat aplikasi seperti Uber dan okadas (transportasi sepeda motor) yang merupakan bentuk transportasi yang paling banyak digunakan di Nigeria.

5 Calon Negara Superpower 2050Sam Makoji/ Getty Images/BBC



Sebagian besar warga sangat positif terhadap perkembangan di daerah kabupaten. Namun mereka tetap berhati-hati terhadap korupsi dan investasi asing.

Untuk kenyamanan pendatang baru, warga lokal menyarankan untuk bisa aman di Nigeria kenalilah seseorang warga lokal yang bisa dipercaya. Juga disarankan mereka tinggal di Lagos atau Abuja. Karena dua kota in bagus dari segi pendidikan, dunia malam dan kuliner.








































Simak Video "Minim Info Pasien Meninggal Covid-19, RS di Meksiko Diserang Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA