Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 13:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Pertama di Eropa yang Dikarantina, Jadi Syuting Game of Thrones

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
tempat syuting star wars
Foto: Kota Dubrovnik di Kroasia (Thinkstock)
Dubrovnik -

Ada satu kota di benua Eropa yang sudah mengenal sistem karantina sejak berabad-abad silam, tepatnya di tahun 1377. Inilah kota Dubrovnik di Kroasia.

Selain dikenal sebagai lokasi syuting Game of Thrones, kota Dubrovnik di Kroasia juga dikenal sebagai kota pertama di Eropa yang mengenal sistem karantina. Karantina di Dubrovnik ditemukan pada tahun 1377, nyaris 7 abad silam.


Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (31/3/2020), Dubrovnik melakukan karantina di tahun 1377 sebagai perlindungan dari wabah Lepra yang menghantam benua Eropa saat itu.

Lepra, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini merusak sistem syaraf dan kulit, sehingga bisa menyebabkan orang kehilangan anggota badannya (bisa jari-jari, kaki, dan juga tangan).

Inilah Kota Pertama di Eropa yang Mengenal Sistem KarantinaFoto: Istimewa/igcruising.com.



Di zaman itu, penyakit Lepra merupakan momok yang menakutkan bagi warga Eropa. Untuk itu, kota Dubrovnik membangun satu kawasan tersendiri untuk menampung para penderita Lepra alias mengkarantina mereka supaya tidak menulari orang lain yang sehat.

Kawasan karantina tersebut sekarang dikenal sebagai Lazarettos of Dubrovnik. Isinya beberapa rumah kecil yang terbuat dari batu. Sekarang, kawasan Lazarettos dikenal sebagai destinasi turis karena ada banyak kelab malam dan galeri seni.

"Kami memberikan komplek Lazareti ini kepada para seniman untuk manifestasi kebudayaan. Sangat menarik, dulu kita menulis penyakit menular tidak lagi menimbulkan ancaman. Tapi hidup membuktikan kita bisa salah, berkali-kali, seperti sebelumnya," kata Ana Bakija-Konsuo, seorang dokter sekaligus penulis buku tentang Lazarettos of Dubrovnik, dikutip dari AP.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
Kiat Laris di Tengah Ekonomi Lesu
Kiat Laris di Tengah Ekonomi Lesu Selengkapnya