Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 13:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Pertama di Eropa yang Dikarantina, Jadi Syuting Game of Thrones

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
tempat syuting star wars
Foto: Kota Dubrovnik di Kroasia (Thinkstock)

Suasana di Dalam Lazarettos

Inilah Kota Pertama di Eropa yang Mengenal Sistem KarantinaFoto: (Thinkstock)



Di dalam Lazarettos, orang-orang akan menjalani masa karantina. Mereka akan dipisahkan dari barang bawaan yang dibawa. Semua orang akan didata, barang bawaan mereka pun ditulis satu per satu.

Ada 10 aula di dalam Lazarettos, masing-masing dipisahkan oleh lapangan dan dikelilingi oleh tembok, lengkap dengan sistem drainase dan pembuangan. Masing-masing aula dikepalai oleh seorang manajer.

"Di dalam karantina, ada banyak transaksi bisnis yang terjadi karena ada banyak traveler dan pedagang di tempat yang sama, jadi mereka saling bertukar informasi, menulis surat, main kartu dan sebagainya," terang Ivan.


Berabad-abad kemudian, sistem karantina dikenalkan dan dipakai ke seluruh dunia. Tapi menurut Ivan, ada satu hal yang membedakan antara karantina di zaman itu dan karantina di zaman sekarang.

"Di zaman dulu, orang-orang tidak tahu bagaimana cara penyakit menyebar, atau bagaimana cara mereka melindungi diri sendiri. Mereka hanya percaya, penyakit itu disebabkan oleh Tuhan yang marah. Tapi sekarang, kita semua sudah tahu itu. Jika kita bertindak dengan penuh tanggung jawab, setiap dari kita akan baik-baik saja," pungkas Ivan.

Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA