Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Apr 2020 09:49 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ragam Parkiran Pesawat Saat Pandemi Corona dan Tarif Selangit

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat parkir saat wabah virus Corona. (iStock)
Jakarta -

Pandemi Corona telah berimbas pada dunia penerbangan yang saat ini harus rehat sejenak. Pesawat-pesawat yang biasanya lalu lalang di udara pun harus parkir cukup lama.

Namun pernahkah terpikir, di mana pesawat ini diparkir? Sebagaimana diwartakan BBC, ada berbagai tempat yang dapat menampung pesawat-pesawat itu. Tapi, pesawat tak bisa diparkir di sembarang tempat.

Pesawat-pesawat yang sudah pensiun, sih biasanya diparkir di boneyard atau kuburan pesawat. Pemilihan lokasi boneyard tak bisa sembarangan karena mempertimbangkan potensi korosi pesawat.

Nah, lokasi itu belakangan juga digunakan sebagai tempat parkir sementara pesawat-pesawat komersil saat wabah virus Corona. Sebab, bandara tak lagi cukup melayani seluruh pesawat dari bermacam-macam maskapai yang secara serentak menghentikan penerbangan.

Untuk menyimpan pesawat itu pun tidak bisa sembarangan. Ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan.

Sejumlah ahli bilang faktor-faktor itu adalah kombinasi antara di mana hub pesawat berada, jenis pesawat dan kapasitas teknik yang tepat agar pesawat bisa langsung digunakan saat harus terbang setelah krisis berakhir.

Ya, dalam kondisi normal, sebelum pandemi virus Corona, pesawat-pesawat itu memang dipaksa untuk terbang sesering mungkin. Kalau bisa, utamanya pesawat-pesawat besar, harus beroperasi 24/7 alias setiap hari.

Sebagai contoh, pesawat Boeing 777 berkapasitas 400 kursi besar hanya mendarat di bandara untuk menaikkan dan menurunkan penumpang da kargo, mengisi bahan bakar, dibersihkan, dan menaikkan katering. Setelah itu terbang lagi.

Tapi, pandemi COVID-19 membuat bandara tak lagi memiliki cukup tempat bagi seluruh maskapai. Selain boneyard di mana lagi pesawat itu diparkir?

Berikut ragam tempat parkir selama COVID-19:

Pesawat amat lumrah parkir di bandara. Bandara-bandara seperti di Dubai, John F. Kennedy New York, Heathrow London, dan lain-lain telah dijadikan tempat parkir maskapai asal negara mereka sendiri.

Beberapa maskapai menggunakan tempat penyimpanan khusus. Contohnya, maskapai Southwest dan Delta Air Lines yang menyimpan masing-masing 50 pesawat di Victorville, bekas markas Angkatan Udara Amerika Serikat yang terletak di California.

Selain itu, juga digunakan kuburan pesawat yang terletak di gurun. Delta memarkirkan 80 pesawatnya di Marana, Arizona dan Birmingham, Alabama.

Sementara itu, maskapai yang lebih besar akan mengelompokkan pesawat serupa karena beberapa membutuhkan perawatan tertentu dan punya teknisi yang spesialis pesawat dengan jenis sama. American Airlines, misalnya, menggunakan 4 bandara untuk menampung pesawat Airbus A320, A321 dan A330, serta jet regional Embraer E-190. Salah satu bandara yang digunakan adalah Pittsburgh.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA