Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Tersehat di Dunia untuk Ditinggali Traveler

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pria di Jepang.
Foto: Ilustrasi Jepang (Philip Fong/AFP)
Tokyo -

Dari seratus lebih negara di dunia, ada 5 negara yang dinilai paling sehat untuk ditinggali. Menurut para dokter, 5 negara ini sudah terbukti tahan terhadap Corona.

Pandemi virus Corona yang terjadi secara global melahirkan sebuah pertanyaan: Adakah negara di dunia yang siap dalam menghadapi serangan virus tersebut? Jawabannya tentu saja ada.

Dilansir dari BBC, Senin (27/4/2020) ada setidaknya 5 negara yang dinilai paling baik dalam hal penanganan COVID-19. Menurut penuturan para dokter, 5 negara ini sangat layak untuk ditinggali traveler, karena sudah memiliki sistem jaminan kesehatan yang sangat bagus.

Mari kita bahas satu per satu:



1. Jepang

Wabah virus corona telah menyebar ke Timur Tengah dan Eropa. Puluhan ribu orang dilaporkan terinfeksi COVID-19 dan lebih dari 2.800 orang tewas akibat virus ituIlustrasi Foto: AP Photo


Tahun 2019 lalu, Jepang menduduki peringkat kedua dalam 10 Negara Tersehat di Dunia menurut Legatum Prosperity Index. Tidak salah memang, sistem jaminan kesehatan di Jepang sudah sangat baik.

Mika Washio, seorang dokter yang berbasis di Tokyo, mengatakan orang yang tinggal di Jepang bisa datang ke klinik lokal dan mendapat diagnosis cepat COVID-19 lewat CT Scan.

"Pasien tanpa gejala bisa mendapat diagnosis pneumonia dengan CT Scan, meskipun pasien itu berada di stage paling awal dari pneumonia," kata Mika.


"Setelah itu pasien bisa mendapat perawatan dengan cepat. Ini salah satu alasan mengapa Jepang tidak memiliki kasus yang parah," imbuhnya.

Selain diagnosis cepat, Jepang juga berusaha untuk menemukan dan mengelompokkan kluster-kluster infeksi COVID-19 untuk kemudian meminimalisasi penyebaran virus tersebut.

Kebiasaan orang Jepang yang sadar betul akan kesehatan juga menolong. Banyak dari warga Jepang yang terbiasa mengenakan masker saat pergi kemana-mana, membuat Jepang sampai saat ini tidak terjadi kasus outbreak yang luar biasa.

"Ditambah lagi, lebih dari 60% orang Jepang melakukan medical check up tahunan. Kita ingin tetap sehat, jadi ini juga menyebabkan rendahnya kasus yang parah," terang Mika.

Berikutnya... Korea

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5
BERITA TERKAIT
BACA JUGA