Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Apr 2020 13:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Vietnam yang Berhasil Melawan Virus Corona

Bonauli
detikTravel
Bendera Vietnam
Ilustrasi Vietnam (iStock)
Hanoi -

Vietnam menjadi sorotan karena berhasil lockdown tanpa ada kasus meninggal karena Corona meski dari sisi geografis relatif dekat dengan China. Seperti apa sih negara ini?

Negara Vietnam dipuji karena menjadi salah satu negara yang tanggap menghadapi pandemi Corona. Pemerintah menerapkan karantina ketat sejak 12 Februari.

Masyarakat pun bekerja sama dan menutup semua kegiatan usaha. Meski baru 10 kasus Corona yang dilaporkan, tak ada yang coba-coba melanggar aturan pemerintah untuk keluar dari rumah.


Hasilnya, selama sepekan ini tak ada kasus Corona baru yang bertambah dan kebijakan social distancing pun dilonggarkan.

Sebenarnya seperti apa dan bagaimana sih negara yang satu ini? Dirangkum detikcom, berikut fakta-fakta tentang Vietnam.


1. Letak geografis



Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara, tetangga Indonesia. Luas negara ini 331,212 km persegi. Bentuk negara ini memanjang ke utara, di sisi timur Vietnam berbatasan dengan Laos dan Kamboja. Vietnam terdiri dari 58 provinsi dengan 5 kota yang dikendalikan secara terpusat.


2. Rumah mungil


Vietnam menduduki peringkat ke 15 sebagai negara terpadat dunia pada tahun 2018. Ini membuat rumah-rumah penduduknya cukup padat di kota.

Meski begitu, ada hal unik yang bisa dilihat dari rumah-rumah penduduk. Warga Vietnam memiliki rumah yang mungil namun menjulang tinggi. Lebar rumahnya hanya 4 meter saja, namun tingkatnya sampai 2-3 lantai.

3. Negara komunis

Asia Tenggara memiliki 2 negara komunis, salah satunya adalah Vietnam. Paham komunisme memfokuskan diri pada kepemilikan bersama. Tak ada kelas dalam masyarakat, semua orang memiliki tingkatan yang sama. Paham komunis juga berarti menganggap tidak adanya Tuhan. Ini bertentangan dengan ideologi Pancasila milik Indonesia.

Komunisme juga terlihat dari lambang bendera Vietnam. Vietnam memiliki lambang bintang berwarna kuning dengan dasar merah. Bintang melambangkan para buruh, petani, tentara, cendekiawan dan pemuda. Sedangkan warna merah melambangkan kejayaann dan revolusi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA