Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Apr 2020 03:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Bintang Bangladesh Ini Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid bintang di  Bangladesh.
Masjid Bintang di Dhaka, Bangladesh (Star Mosque/Facebook)
Dhaka -

Kegiatan daur ulang tak hanya berguna untuk menjaga keberlangsungan lingkungan, tapi juga pembangunan. Contohnya bisa dilihat dari masjid kenamaan Bangladesh ini.

Adalah Star Mosque atau yang disebut juga dengan nama Masjid Tara dalam bahasa Bengali. Berlokasi di Dhaka, Bangladesh, masjid yang satu ini memang dikenal dengan gaya arsitekturnya yang bernuansa bintang.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020), masjid tersebut diketahui dibangun pada pertengahan abad ke-19 seperti diberitakan Atlas Obscura. Desainnya sendiri terinspirasi dari gaya Mughal yang sarat budaya muslim India.

Masjid bintang di  Bangladesh.Masjid ini dikenal akan kreatifitas daur ulangnya (Star Mosque/Facebook)

Pada awalnya, masjid itu dibuat sederhana dengan kubah utama yang berukuran besar dan dua kubah lain di sisi kiri dan kanannya. Hanya seiring berjalannya waktu, masjid itu didekorasi sedemikian rupa dan menjadi cukup ramai.

Walau sempat dikritik, tapi nyatanya dekorasi yang menghiasi Star Mosque adalah apa yang membuatnya unik. Soalnya, desain masjid seramai Star Maosque tak mungkin dapat ditemukan di tempat mana pun di dunia.

Menggunakan teknik bernama Chinitikri, sang perupa menggunakan pecahan porselen China dan menyusunnya sedemikian rupa membentuk mosaik nan indah. Tak hanya pecahan porselen, pecahan botol beling juga kerap digunakan karena dianggap murah.

Masjid bintang di  Bangladesh.Motif bintang itu menghiasi interior dan muka bangunan masjid (Star Mosque/Facebook)

Keunikan itu lah yang membuat Star Mosque kerap dijuluki masjid daur ulang, merujuk pada penggunaan bahan daur ulang yang digunakan untuk menghias setiap sisi masjidnya.

Adapun, motif bintang biru adalah apa yang paling tampak dari Star Mosque. Sekaligus menjadi asal usul dari nama masjid tersebut.

Keindahan dari motif bintang itu pun menghiasi kubah yang berwarna putih. Motif bintang itu juga diramaikan oleh mosaik bunga dan rosette yang menghiasi muka bangunan dan interior masjid.

Sejatinya, masjid tersebut menjadi kebanggaan umat dan kerap menjadi objek wisata di kalangan wisatawan. Hanya akibat COVID-19, pembatasan diterapkan dan membuat masjid itu jadi sepi ketimbang sediakala.



Simak Video "Ribuan Muslim di Bangladesh Salat Id Berjemaah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA