Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Apr 2020 07:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Gunung Tertinggi di Dunia dan Keistimewaannya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
7 gunung tertinggi di dunia, everest, elbrus, aconcagua, puncak jaya, vinson massif, denali, dan kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro masuk daftar gunung tertinggi di dunia. (Foto: CNN)
Jakarta -

Tahukah kamu bila di tiap lempeng benua memiliki gunung tertinggi masing-masing. Gunung-gunung ini memiliki daya tarik dan keistimewaan tersendiri.

Gunung Everest di Asia hingga Vinson Massif di Antartika merupakan rentetan gunung yang wajib didaki para seven summiter. Gunung-gunung ini dikatakan berbahaya, namun sekaligus menggoda untuk digapai puncaknya.

Dihimpun dari CNN Travel, berikut tujuh gunung tertinggi di dunia beserta keistimewaannya:

1. Asia, Gunung Everest

7 gunung tertinggi di dunia, everest, elbrus, aconcagua, puncak jaya, vinson massif, denali, dan kilimanjaroGunung Everest (Foto: CNN)

Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut berlokasi di perbatasan Nepal dan Tibet. Inilah gunung tertinggi di dunia.

Ada apa di sana selain jalur sempit dan udara yang dengan oksigen tipis sampai-sampai membuat begitu banyak pendaki dari seluruh dunia ingin menapaki puncaknya di akhir musim semi?

Kira-kira berusia 50 juta tahun, bayi besar ini adalah lempeng tektonik India dan Eurasia terbesar di Pegunungan Himalaya. Ruang tumbuhnya sekitar seperempat inci setahun.

Gunung Everest pertama kali diskalakan pada tahun 1953 dan tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, 11 orang meninggal karena antrean di Death Zone.

Pendaki butuh waktu selama 45 hari untuk menggapai puncak Everest dengan biaya hingga USD 100 ribu. South Ridge adalah jalur populer di antara 20 rute dan 800 pendaki juga pemandu menggapai puncaknya di tahun 2019.

2. Amerika Utara, Gunung Denali

Gunung Denali (Foto: CNN)

Gunung Denali memiliki ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut. Gunung itu berada di Alaska tengah selatan.

Puncak tertinggi di Amerika Utara ini sebelumnya bernama Gunung McKinley. Alaska Range sepanjang 965 kilometer ini cukup besar untuk menciptakan pola cuacanya sendiri, seperti angin sekencang 150 mph dan suhu -69 celcius di cuaca yang brutal.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketinggian Gunung Denali masih meningkat, yakni setengah milimeter per tahun. Kalau dalam empat juta tahun nanti gunung ini akan 1,6 kilometer lebih tinggi.

Untuk meraih puncak, Anda harus berlatih gletser terlebih dulu selama 17 hari. Karena, cuaca dan kondisi Gunung Denali masih belum bisa diprediksi.

Sebagian besar pendaki berupaya mencapai puncak melalui jalur Buttress Barat. Pernah suatu waktu sebanyak 600 pendaki ada di puncaknya antara akhir Mei dan awal Juni.

3. Afrika, Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro memiliki ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di Tanzania utara. Gunung kerucut ini adalah salah satu keajaiban di dunia.

Pendaki tahunannya ada di angka lebih dari 50.000. Gunung Kilimanjaro memiliki berbagai zona ekologi yakni hutan hujan tropis, padang rumput, padang pasir dan lain-lain, dari sabana ke puncak berselimut salju.

Kurang dari 30% pendaki berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanan melalui Rute Marangu Coca-Cola, menurut layanan pemandu lokal Ultimate Kilimanjaro. Perjalanan populernya selama 5 hari.

Musim kemarau, antara akhir Juni hingga Oktober adalah waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Kilimanjaro. September adalah bulan pendakian utamanya.

4. Eropa, Gunung Elbrus

Gunung Elbrus (Foto: CNN)

Gunung Elbrus memiliki ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di Rusia barat daya. Gunung ini bertengger di Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa.

Mitos paling terkenal dari Gunung Elbrus adalah tempat di mana Zeus merantai lengan Prometheus karena mencuri api para dewa. Gunung ini tak lagi aktif.

Selama musim pendakian di musim panas, jalur paling populer adalah ke puncak barat Elbrus melalui selatan gunung, tempat kereta gantung berada. Dari sini, pendakian memakan waktu antara enam hingga sembilan jam (turun sekitar tiga jam) dan hanya butuh pemandu berpengalaman juga setidaknya satu minggu aklimatisasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA