Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2020 08:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Poveglia, Pulau Kecil yang Dibangun di Atas Abu Manusia

Bonauli
detikTravel
Poveglia, Italia
Pulau Poveglia (Getty Images)
Poveglia -

Bukan sekali ini Italia dihajar pandemi suatu penyakit dengan begitu hebatnya. Pulau Poveglia menjadi saksi bisu derita wabah yang mematikan penghuninya.

Pulau Poveglia terletak di antara Venesia dan Libo di laguna Italia. Dalam sejumlah kronik dicatat, pulau itu mulai dibuka pada tahun 421

Waktu itu, segerombolan orang Eropa datang ke Poveglia untuk bersembunyi. Karena letaknya yang strategis, Poveglia menjadi tempat aman bagi orang yang ingin lari dari Jerman dan gerombolan barbar Hun.

Pada abad ke-9, populasi di Poveglia semakin berkembang. Memasuki abad ke-14, Pulau Poveglia menjadi benteng pertahanan untuk menghancurkan kapal-kapal musuh yang ingin masuk ke Venesia.

Pulau PovegliaPulau Poveglia Foto: (Google Earth)

Tapi, masa kejayaan Poveglia merosot saat muncul wabah pes atau Black Death yang melanda Eropa. Kebijakan karantina pun diberlakukan, seperti saat ini, pada pandemi virus Corona. Banyak warga Italia yang mati karena wabah pes, kabarnya sih satu dari tiga orang Eropa tewas karena pagebluk saat itu.

Untuk memisahkan yang sakit dengan yang sehat, Italia menjadikan Poveglia sebagai pulau karantina. Karantina muncul dari kata qaranta dalam bahasa Italia yang berarti angka 40. Angka itu merujuk durasi karantina seseorang yang dinyatakan berpotensi atau positif terinfeksi.

Ya, layaknya Corona saat ini yang belum ditemukan obatnya, pasien wabah pes harus menunggu 40 hari untuk dinyatakan sehat atau terinfeksi di pulau ini. Kebanyakan dari pasien justru meninggal karena buruknya fasilitas kesehatan di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA