Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2020 18:48 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Denmark Punya Taman Terapung di Atas Pulau Buatan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Taman terapung di Copenhagen, Denmark.
Copenhagen Islands di Denmark (Studio Fokstrot)
Copenhagen -

Taman cantik sudah biasa, tapi Denmark punya yang tidak biasa. Adalah Copenhagen Islands, sebuah pulau buatan dengan taman terapung di atas.

Berlokasi di sisi Selatan dermaga Kota Copenhagen, hadir sebuah taman terapung di atas sebuah pulau buatan. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, proyek itu juga dikenal dengan nama CPH-Ø1 seperti diberitakan situs perspectiveglobal.

Proyek yang dimulai tahun 2018 silam itu diinisiasi oleh arsitek Australia, Marshall Blecher dan Magnus Maarbjerg dari studio Denmark Fokstrot. Konsepnya, membuat sebuah kepulauan yang terdiri dari sembilan taman terapung.

Pulaunya pun bukan seperti pulau pada umumnya yang terbuat dari tanah, melainkan bahan kayu dengan sebuah pohon Linden di tengahnya. Pulau itu pun dibuat sedemikian rupa di atas kapal boat bergaya pulau dengan teknik tradisional.

"Pulau terbesar akan terdiri dari 9 modul dengan tambahan pulau terpisah yang mengapung di dekatnya," ujar Blecher pada media Dezeen.

Kabarnya, proyek itu akan rampung pada tahun ini. Konsep finalnya, di atas pulau terapung itu akan hadir komplek pulau buatan atau parkipelago yang masing-masing pulaunya punya fungsi masing-masing.

Taman terapung di Copenhagen, Denmark.Taman terapung di Copenhagen, Denmark (Studio Fokstrot)

Contohnya seperti pulau terapung dengan tempat sauna, panggung, cafe, kebun, papan diving hingga tambak remis. Semua pulau itu pun dapat diraih menggunakan kapal boat.

Tak sampai situ, Copenhagen Islands juga akan hadir untuk menjadi habitat baru bagi alam. Baik di atas atau di bawah permukaan air. Apabila bagian atas pulau akan ditumbuhi tanaman hijau, maka bagian bawahnya akan jadi rumah rumput laut dan moluska.

Apabila telah rampung semua, rencananya taman terapung itu akan dipindahkan dari satu sisi ke sisi lain dermaga tersebut setiap pergantian musim. Unik ya!

Di Eropa sendiri, trend membuat proyek terapung di area urban memang tengah naik daun. Di Rotterdam, Belanda misalnya, ada sebuah proyek berupa kantor terapung lengkap dengan kolam renang.

Selain sebagai inovasi, proyek serupa juga dikabarkan menjadi reaksi dari meningginya air permukaan laut setiap tahun akibat pemanasan global.



Simak Video "Bayi Beruang Madu yang Lucu, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA