Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mei 2020 20:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kawah Misterius di Rusia, Isinya Ribuan Ton Logam Mulia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pegunungan Kondyor Massif di Siberia
Foto: Kondyor Massif di Rusia (Discover Russia/Mcvld)
Siberia -

Ada satu kawah misterius di pedalaman Siberia, Rusia. Kawah ini dipercaya mengandung ribuan ton logam mulia. Seperti apa penampakannya?

Nun jauh di pedalaman Siberia, Rusia ada sebuah kawah raksasa yang disebabkan oleh tumbukan meteor atau sisa gunung berapi purba. Kondyor Massif, begitu nama kawah ini.


Kondyor Massif bukanlah kawah biasa. Di dalam tanahnya, dipercaya mengandung berton-ton logam mulia. Emas, perak, platinum, sebut saja logam berharga apapun itu, konon katanya ada di dalam lapisan tanah Kondyor Massif.

Dirangkum detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (14/5/2020), Kondyor Massif masih jadi misteri tersendiri bagi para ilmuwan, terutama bagi para geolog. Formasi batuan yang membentuk kawah ini memiliki tinggi 609 meter dengan lebar mencapai 8 kilometer.

IDL TIFF fileFoto: (NASA/Jesse Allen/Courtesy of GSFC/METI/ERSDAC/JAROS)



Dari pantauan udara, Kondyor Massif tampak seperti formasi pegunungan yang berbentuk lingkaran, dengan ceruk kawah di bagian tengahnya. Menurut para geolog, kondisi ini disebabkan oleh magma cair yang terkristalisasi dan disebut sebagai intrusi.

Batuan vulkanik yang terdorong tadi akhirnya membentuk formasi yang kita kenal sebagai Kondyor Massif, alih-alih meledak keluar melainkan mereka merayap di permukaan. Tapi beberapa ahli lain meyakini Kondyor Massif merupakan bekas situs meteor jatuh jutaan tahun silam.

Mengandung Logam Mulia & Disucikan Masyarakat...

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA