Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mei 2020 20:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kawah Misterius di Rusia, Isinya Ribuan Ton Logam Mulia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pegunungan Kondyor Massif di Siberia
Foto: Kondyor Massif di Rusia (Discover Russia/Mcvld)

Mengandung Logam Mulia & Disucikan Masyarakat

Pada tahun 2006, NASA sempat membuat foto citra satelit dari Kondyor Massif. Foto ini dibuat dengan menggunakan teknologi Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (Aster) pada Satelit Terra.

Hasilnya cukup mengejutkan. Citra satelit dari Kondyor Massif menunjukkan penampakan topografi dari kawah misterius ini yang jarang dilihat orang. Bentuknya lingkaran dengan susunan gunung yang cukup aneh.

Pegunungan Kondyor Massif di SiberiaPegunungan Kondyor Massif di Siberia Foto: NASA



Tak heran jika masyarakat setempat menyebut Kondyor Massif sebagai Urgula, lingkaran yang dianggap suci dan sakral. Terlepas dari kepercayaan masyarakat setempat, para ilmuwan meyakini ada kandungan logam berharga yang sangat melimpah di Kondyor Massif.

Sampai-sampai Kondyor Massif dijuluki sebagai 'Treasure Mountain' alias Pegunungan Harta Karun. Beberapa jenis logam berharga seperti emas, perak hingga platinum pernah ditemukan di sini.


Formasi batuan yang tidak biasa di Kondyor Massif juga disebut-sebut mengandung senyawa mineral yang diberi nama Konderite, yaitu campuran antara logam tembaga, platinum, rhodium, timbal dan sulfur.

Para penambang juga menemukan plutonium di Kondyor Massif. Plutonium dikenal sebagai bahan baku untuk reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir, atau bisa juga untuk senjata nuklir.

Cara ke Sini

Letaknya yang jauh di pedalaman membuat Kondyor Massif jarang dikunjungi wisatawan. Jaraknya dari kota terdekat, Khabarovsk saja mencapai 1.100 kilometer. Itu berarti destinasi ini sangat-sangat terpencil.

Jangan berharap akan menemukan fasilitas akomodasi atau infrastruktur lain di sini, karena memang tidak ada apapun di sekitar kawah misterius itu. Untuk bisa masuk ke area di sekitar Kondyor Massif, traveler juga butuh izin khusus dari Pemerintah Rusia.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA