Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Mei 2020 06:33 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Legenda Kota Bertembok Kowloon Hong Kong, Tempat Terpadat di Bumi

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kowloon Walled City
Anak-anak di Kowloon Walled City (Foto: CNN)
Hong Kong -

Hong Kong merupakan destinasi wisata yang menyimpan banyak keunikan. Salah satunya, Kowloon Walled City, tempat terpadat di bumi.

Diberitakan CNN, bayangkan adanya kotak berupa rumah-rumah kecil bak apartemen yang ditumpuk tak beraturan satu sama lain. Rusun ini dihubungkan oleh tangga-tangga yang berliku-liku di bawah kabel-kabel yang menjuntai.

Jalur ke tiap rusun melewati koridor-koridor yang begitu gelap. Bahkan, polisi dikabarkan takut jika harus masuk ke sana.

Sebanyak 33.000 orang tinggal di sana, di dalam satu ruang, satu blok kota. Inilah Kowloon Walled City (Kota Bertembok Kowloon), pernah diklaim sebagai pemukiman terpadat di dunia.

Sebelum dihancurkan dua puluh tahun yang lalu, fotografer Greg Girard menghabiskan waktu bertahun-tahun mengabadikannya. Ia berkolaborasi dengan Ian Lambot dan ingat kagum ketika pertama kali melihatnya.

Kowloon Walled City semacam kecelakaan sejarah. Bekas benteng dinasti Qing, kawasan ini tidak sepenuhnya di bawah pemerintahan kolonial Inggris di Hong Kong.

Akibatnya, penghuni bebas membangun tempat tinggal sesuai keinginannya. Mereka mengabaikan aturan keselamatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA