Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jun 2020 16:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Restoran Pop Up di Swedia.
Restoran Bord For En (Foto: Linda Karlsson)
Varmland, Swedia -

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Adalah Bord For En, sebuah restoran dengan konsep unik dari Swedia. Dilansir detikcom dari CNN, Senin (8/6/2020), restoran ini pun me miliki arti meja untuk satu orang dalam bahasa Swedia.

Diketahui, restoran dengan konsep pop-up itu telah buka sejak 10 Mei lalu atau tepat di tengah pandemi COVID-19. Hanya saja, restoran tersebut tentu tak perlu khawatir soal social distancing antar meja. Faktanya, restoran itu hanya punya satu meja dan satu kursi saja.

Rasmus Persson dan Linda Karlsson merupakan pasangan yang menjadi ide di balik konsep tersebut. Berlokasi di Varmland yang berjarak sekitar 350 Km dari Stockholm, restoran unik itu dapat ditemui di tengah padang rumput nan luas.

Janji yang ditawarkan oleh restoran itu pun sesuai dengan konsepnya, yakni tiada interaksi dengan orang lain. Ya, restoran ini memang menawarkan sensasi makan sendiri dalam isolasi atau ketenangan total.

Menariknya, traveler juga tak akan menemukan staff yang menunggu. Setiap harinya, restoran ini juga hanya melayani satu tamu saja. Menurut sang empunya restoran, mereka memang tak membuat restoran ini untuk mencari uang.

"Kami ingin menghindari perasaan makan saat diawasi. Kita semua menghadapi masalah yang sulit, ada orang yang kehilangan pekerjaan mereka, kekasih mereka hingga pikiran mereka," ujar Rasmus.

Restoran Pop Up di Swedia.Restoran Pop Up di Swedia (Linda Karlsson)

Muncul di tengah pandemi COVID-19

Dijelaskan oleh mereka, konsep unik restoran itu hadir setelah mereka dikunjungi oleh orang tua Karlsson yang sudah berumur saat pandemi COVID-19. Ketimbang mengajak mereka masuk ke rumah dan makan bersama layaknya keluarga normal, mereka malah menyiapkan meja khusus di kebun sesuai jarak aman.

"Kami menerima semua orang, terlepas dari kondisi keuangan Anda. Harga menu kami bebaskan ke tamu." ujar Karlsson yang sebelumnya punya pengalaman di industri pelayanan.

Di dunia internasional, kebiasaan makan seorang diri memang masih belum diterima secara umum oleh sebagian orang. Restoran yang mereka buat ini pun ingin menghilangkan kekakuan tersebut.

"Saya punya sebuah mimpi, diterima secara sosial dan makan seorang diri. Mungkin sekarang kita sedang menuju ke sana?" andai Karlsson.

Restoran Pop Up di Swedia.Makanannya hadir lewat tiga menu (Linda Karlsson)

Sedangkan untuk pilihan menunya, Karlsson menghadirkan tiga menu makanan untuk setiap tamunya yang dipilih berdasarkan ketersediaan bahan makanan di daerahnya. Makanan dan minuman pun akan ditaruh di keranjang yang tergantung di dekat meja makan.

Ketika ditanya apakah mereka akan memperbanyak jumlah meja, jawabnya adalah tidak. Soalnya, penambahan meja dianggap bisa menghilangkan keaslian dari konsepnya.

"Kami mungkin cukup penyendiri, tapi apa kami menghabiskan waktu dengan diri sendiri? Ini merupakan kesempatan untuk melakukan itu. Kamu layak menghabiskan waktu dengan diri sendiri," tutup mereka.

Kabarnya, restoran tersebut akan hadir hingga 1 Agustus mendatang. Satu yang pasti, restoran ini tak akan terkendala dengan kondisi New Normal. Mungkin malah adalah yang paling siap.



Simak Video "Cerita dari Swedia, Salah Satu Negara dengan Puasa Terlama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA