Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Jun 2020 06:19 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inikah Penjara Terkecil di Dunia?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Jail on Sark  Smallest Prison in the World.
Foto: Penjara terkecil di dunia (Getty Images/iStockphoto/chris2766)
Jakarta -

Pernahkah traveler bertanya, di mana penjara terkecil di dunia? Jawabannya ada di Sark, sebuah pulau kecil di Inggris Raya. Cuma ada dua sel kecil di penjara ini.

Berada nun jauh di Inggris Raya, ada sebuah penjara yang diklaim sebagai yang terkecil di dunia. Penjara ini berada di Pulau Sark, sebuah pulau kecil seluas 5,4 kilometer persegi di Kepulauan Channel.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (9/6/2020), Penjara Sark hanya punya 2 sel kecil saja. Masing-masing ukurannya 3,5 dan 4,5 meter persegi. Setiap sel penjara itu tidak dilengkapi dengan jendela.


Kedua sel penjara itu hanya dipisahkan oleh koridor dengan lebar kurang dari 1 meter. Bentuk bangunan penjara ini akan mengingatkan kita kepada bentuk bunker yang biasa digunakan di Perang Dunia Kedua.

Yang menarik adalah, penjara ini masih berfungsi sampai sekarang. Pantas jika penjara ini disebut-sebut sebagai yang terkecil di dunia, di antara penjara lain yang masih berfungsi.

Jail on Sark  Smallest Prison in the World. Smallest Prison in the World. Foto: Getty Images/iStockphoto/chris2766

Sejarah Penjara


Penjara Sark dibangun pada tahun 1856. Penjara ini digunakan untuk menghukum penduduk Sark yang melakukan kejahatan. Karena populasi penduduk di pulau ini kurang dari 500 orang maka tidak perlu penjara yang besar dan luas.

Menurut hukum yang berlaku di masa itu, tahanan di penjara Sark hanya boleh dipenjara maksimal 2 hari saja, sampai dia mendapat pengampunan oleh penguasa setempat.

Apabila ada warga Sark yang melakukan kejahatan berat dan butuh untuk hukuman yang lebih lama, maka dia akan dikirim keluar pulau ke Guernsey di Kepulauan Channel untuk diadili sesuai dengan kejahatannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

BERITA TERKAIT
BACA JUGA