Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jun 2020 08:17 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tahukah Kamu? Hiu Takut Lumba-lumba

Bonauli
detikTravel
Dolphins in Loro Parque, Tenerife, Spain
Ilustrasi lumba-lumba (iStock)
Jakarta -

Hiu dan lumba-lumba memiliki citra yang bertolak belakang, hiu ganas sedangkan lumba-lumba ramah. Tapi rupanya, hiu takut kepada lumba-lumba.

Dua binatang ini memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama sebagai predator. Oleh karena itu, dua binatang ini jarang terlihat dalam satu perairan.

Jika terlihat dalam satu lingkungan, manakah yang akan kabur duluan? Hiu atau lumba-lumba?

Rupanya hiu akan menghindar duluan ketika melihat lumba-lumba. Alasannya, hiu malas mencari masalah dengan lumba-lumba.

Ya, lumba-lumba memang mamalia menggemaskan yang ramah terhadap manusia. Namun cukup ditakuti oleh hiu. Ada beberapa alasan yang membuat hiu menghindar dari lumba-lumba.

Pantai Wane buat lihat lumba-lumba di Bima, NTBPantai Wane buat lihat lumba-lumba di Bima, NTB Foto: (dok. Pokdarwis La-Bibano Wane)


Yang pertama adalah kawanan lumba-lumba atau pod. Sebagai mamalia pintar, lumba-lumba hidup berkelompok dan sangat akur. Sedangkan hiu adalah hewan soliter.

Ketika hiu menyerang lumba-lumba, pod akan langsung melawan. Tak ada bantuan untuk hiu. Lumba-lumba akan menyerang hiu di bagian perut dengan hidungnya. Hidung lumba-lumba yang tumpul bagai botol menjadi perlawanan senjata mematikan untuk hiu.

Belum lagi, ukuran dua hewan ini cukup berbeda. Tubuh lumba-lumba berukuran lebih kecil dibandingkan hiu. Kerangka tubuh lumba-lumba membuatnya lebih gesit dan sangat cepat untuk berenang.

Jika hiu menyerang, lumba-lumba bisa dengan mudah menghindar. Mengejar lumba-lumba dengan tolok ukur kecepatannya hanya akan membuat hiu kelelahan.

Grey reef shark at home reefHiu Foto: (iStock)

Apakah ini berlaku dengan paus pembunuh?

Paus pembunuh adalah keluarga lumba-lumba, jadi hiu juga takut dengan mamalia ini. Paus pembunuh terkenal dengan gerakan memutar cepat ketika berburu hiu. Hiu akan seketika 'pingsan' dan langsung dimakan oleh paus pembunuh. Organ yang paling diincar adalah hati hiu.

Sekali lagi, dengan adanya kawanan di sisi lumba-lumba, hiu akan kalah telak. Inilah alasan, mengapa hiu cenderung kabur saat melihat lumba-lumba.

Ilustrasi paus pembunuhIlustrasi paus pembunuh Foto: Getty Images/iStockphoto/Musat


Simak Video "Aksi Sekelompok Paus Bermigrasi Bersama Kawanan Lumba-lumba"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA