Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jun 2020 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sudah Tahu? Ini 5 Negara yang Tak Punya Bandara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Belum lama ini Vatikan melaporkan kasus pertama terkait penyebaran virus corona. Kasus tersebut menambah daftar panjang kota dan negara yang terdampak COVID-19.
Vatikan di Italia (AP Photo/Andrew Medichini)
Vatikan -

Walau disebut sebagai negara berdaulat, nyatanya tak semua mempunyai bandara. Setidaknya ada lima negara dunia yang tak punya bandara. Di mana saja?

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020), Reader Digest merangkum daftar negara dunia yang disebut tak punya bandara. Hasilnya, negara-negara itu mengandalkan bandara tetangganya.

Berbagai alasan pun hadir, mulai dari luas negara yang kecil dan lainnya.

Berikut deretan negara yang tidak memiliki bandara:

1. Vatikan City

Basilika St Petrus dibuka lagi.Basilika St Petrus dibuka lagi (AFP/Alberto PIZZOLI)

Sebagai negara merdeka, Vatikan atau yang disebut juga Tahta Suci merupakan salah satu yang tak memiliki bandara. Alasannya, Vatikan dilingkupi oleh Roma yang merupakan bagian dari Italia.

Roma sih memiliki dua bandara internasional yang berlokasi tak jauh dari Vatikan. Oleh sebab itu, bandara tidak dibutuhkan.

2. San Marino

Tak beda dengan Vatikan, San Marino yang berbatasan dengan Italia juga tak punya bandara. Negara yang merupakan terkecil kelima di dunia ini pun tak punya masalah tanpa bandara. Secara, lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Federico Fellini.

Walau negara kecil, nyatanya San Marino merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan kapital per tahun yang cukup tinggi. Mungkin karena jumlah penduduknya hanya sekitar 33 ribu saja.

3. Monako

Sean Gelael pada balapan F2 Monako, Sabtu (25/5/2019)Sean Gelael pada balapan F2 Monako, Sabtu (25/5/2019) Foto: dok.Sean Gelael

Dikelilingi oleh Prancis dan Laut Mediterania, membuat Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia. Selain itu, Monako juga tak punya bandara.

Namun, kamu bisa mencapai Monako dengan terlebih dulu terbang ke Bandara Nice di Prancis dan dilanjutkan dengan berkendara ke Monako. Selain itu, Monako juga populer dengan gelaran balap Grand Prix berkelas dunia.

4. Liechtenstein

Kemudian ada Lichtenstein yang merupakan negara terkecil di dunia. Terletak di perbatasan Austria dan Jerman, Lichtenstein juga tidak memiliki bandara.

Untuk mencapainya, traveler bisa terbang lebih dulu ke negara tetangganya seperti Swiss dan Austria. Hanya saja, bandara terdekat adalah Bandara St Gallen Altenrhein di Swiss.

5. Andorra

AndorraAndorra (iStock)

Berlokasi di antara Spanyol dan Prancis, Andorra diberkahi dengan pegunungan dan alam indah. Ibu kotanya sendiri disebut sebagai yang tertinggi di Eropa.

Hanya untuk mencapainya, traveler harus lebih dulu terbang ke bandara di negara tetangga. Diketahui, ada 5 bandara di Spanyol dan Prancis yang berdekatan dengan Andorra.



Simak Video "Kala Vatikan Terimbas Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA