Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jul 2020 05:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia, Rimbun Seperti Hutan!

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Natal, Brazil - July 31, 2013: This photograph depicts details of famous
Foto: Pohon jambu mede terbesar di dunia (Getty Images/iStockphoto/gustavoferretti)
Pirangi do Norte -

Pernah membayangkan satu pohon yang besar dan rimbun seperti hutan? Di Brasil ada. Inilah pohon jambu mede terbesar di dunia. Luasnya 8.500 meter persegi!

Mari kita pergi ke Brasil. Bukan untuk melihat pertandingan sepakbola, atau pun melihat pantai-pantainya yang cantik. Di Brasil, kalian bisa berjumpa dengan 'Maior Cajueiro do Mundo' alias Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia.

Berlokasi di negara bagian Rio Grande do Norte, tepatnya di kota pesisir pantai kecil bernama Pirangi do Norte, di situlah pohon Jambu Mede raksasa itu berada.


Jambu Mede itu pantas disebut raksasa karena ukurannya yang sungguh luar biasa. Pohon ini tumbuh hingga seukuran 70 pohon jambu mede biasa.

Luas naungan kanopi yang terbentuk dari pohon ini juga sangat mengagumkan, mencakup area seluas 8.500 meter persegi. Sudah seperti hutan mini saja! Padahal hanya dari satu pohon jambu mede.

World's Largest Cashew Tree - Pirangi, Rio Grande do Norte, BrazilTampak atas, seperti hutan Foto: Getty Images/iStockphoto/diegograndi



Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (4/7/2020) menurut para peneliti pohon Jambu Mede ini diperkirakan berusia 1.000 tahun lebih. Siapa yang menanam pertama kali dan kapan pohon ini ditanam, tidak ada yang tahu pasti.

Namun kabarnya, pohon Jambu Mede ini ditanam oleh seorang nelayan bernama Luis Inacio de Oliveira. Dia menanam pohon raksasa ini di tahun 1888. Tentang kebenarannya, tidak ada yang tahu pasti.

Pohon Jambu Mede itu pun dinobatkan sebagai 'Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia' oleh Guiness World Record. Rekor ini diprediksi akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama karena pohon jambu Mede itu terus tumbuh sampai sekarang dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti tumbuh.

Pirangi - Rio Grande do Norte - Brazil - July 25, 2019. A guide explaning the history of the cashew tree to visitors.Ramai dikunjungi wisatawan Foto: Getty Images/Federico Fermeglia



Cabang-cabang pohon Jambu Mede ini membentang hingga sejauh 50 meter dari batang utamanya. Para peneliti menyebut pohon Jambu Mede ini mengalami mutasi genetik sehingga bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

Tidak seperti pohon Jambu Mede biasa yang tumbuh tegak ke atas. Pohon Jambu Mede di Brasil ini tumbuh besar ke arah samping dan menyebar ke arah sekelilingnya. Lambat laun, pohon ini pun menutupi area di sekeliling batang utamanya.


Pohon Jambu Mede raksasa ini pun jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis dari berbagai negara. Pohon ini pun jadi salah satu spot Instagramable yang paling terkenal di negara bagian Rio Grande.

Di Instagram, sudah ada lebih dari 18.000 foto yang diambil di pohon ini. Foto-foto tersebut menggunakan tagar #maiorcajueirodomundo. Traveler juga bisa melihat pohon jambu mede raksasa ini bila liburan ke Brasil.



Simak Video "Corona 'Membuas', Presiden Brasil Diminta Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA