Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jul 2020 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Komplek Hotel Berhantu di Kroasia, Ditinggalkan Gara-gara Perang

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kupari, Croatia- July 19, 2017 : The exterior of an old ruined hotel Goricina in abandoned Yugoslavian military resort in Kupari, Croatia.
Hotel berhantu di Kroasia Foto: Getty Images/Goran Jakus Photography
Dubrovnik -

Ada sebuah kompleks hotel berhantu di Kroasia. Hotel itu terbengkalai dan ditinggalkan penghuninya gara-gara perang. Seperti apa wujudnya sekarang?

Terletak di dekat kota Dubrovnik, tempat syutingnya serial Game of Thrones, berdiri sebuah kompleks perhotelan yang dulunya terkenal mewah. Tapi, sekarang hanya tersisa puing-puingnya,

Baca juga: Daftar Negara yang Terjangkit Virus Corona Terbaru, Ini Jumlah Kasusnya


Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (17/7/2020), kompleks perhotelan tersebut dikenal sebagai resor Kupari. Resor ini dulu merupakan tempat favorit bagi keluarga pejabat militer Yugoslavia untuk liburan.

Di bagian tengah resor, berdiri The Grand Hotel yang dibangun pada tahun 1919. Kemudian di sekelilingnya, ada beberapa hotel lain yang ukurannya lebih kecil seperti hotel Kupari, Goricina, Goricina II, Galeb dan juga Hotel Pelegrin.

Kupari, Croatia- July 19, 2017 : The iron construction of an old ruined hotel Goricina in abandoned Yugoslavian military resort with a view of the beach on the Adriatic sea in Kupari, Croatia.Resort Kupari Foto: Getty Images/Goran Jakus Photography

Hotel-hotel tersebut dibangun pada medio tahun 1960-an hingga 1980-an. Namun sekarang, nasib hotel-hotel tersebut sama semua: teronggok jadi puing-puing dan ditinggalkan penghuninya gara-gara perang.

Suasana hotel-hotel tersebut pun lebih mirip pemakaman: sepi, sunyi dan bikin merinding. Bangunan-bangunan bekas hotel dibiarkan teronggok begitu saja, menyisakan sisa-sisa kejayaan sekaligus kengerian zaman dahulu kala. Seolah menjadi hotel berhantu.

Dahulu resor tersebut bisa untuk menjamu hingga lebih dari 4.000 orang tamu. Rata-rata tamunya adalah keluarga petinggi militer Yugoslavia, bahkan Presiden Josip Broz Tito kabarnya kerap menginap di sini sampai punya properti vila di dekat resor tersebut.

Kupari, Croatia- July 19, 2017 : The interior of an old ruined hotel Goricina in abandoned Yugoslavian military resort in Kupari, Croatia.Sekarang terbengkalai Foto: Getty Images/Goran Jakus Photography


Tidak sembarang orang sipil bisa menginap di resor Kupari. Tamu-tamunya memang khusus untuk keluarga militer, tapi jika kamu warga sipil dan kebetulan punya relasi dengan militer, kamu bakalan dapat keistimewaan bila menginap di resort ini.

Resor Kupari memang cocok buat liburan. Lokasinya berada di pesisir pantai. Pemandangan indah Laut Adriatik jadi suguhan utama tamu-tamu yang menginap di resort ini.


Tapi itu dulu, sekarang wisatawan datang ke resort Kupari hanya untuk 'uji nyali'. Mereka datang cuma untuk melihat-lihat dan berfoto dengan latar belakang bangunan kosong yang sudah ditinggalkan.

Resort Kupari mulai terabaikan sejak era perang Yugoslavia meletus. Resort ini bahkan jadi sasaran bom tentara musuh. Sampai di era setelah perang, sekitar tahun 2000-an, hotel berhantu itu jadi basis tentara Kroasia, hingga akhirnya komplek sanggraloka itu benar-benar ditinggalkan dan hanya menyisakan puing-puing saja.



Simak Video "Sengit, Portugal Akhirnya Kalahkan Kroasia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA