Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jul 2020 12:07 WIB

TRAVEL NEWS

Negara di Eropa Ini Jamin Turis Aman dari Corona

Bonauli
detikTravel
Aerial view of Alexander Nevski cathedral in Sofia, Bulgaria with setting sun. The scene is situated in downtown district of Sofia, Bulgaria (Eastern Europe) during sunset. The picture is taken with DJI Phantom 4 Pro drone.
Bulgaria (iStock)
Sofia -

Bulgaria sudah terima wisatawan dari negeri tetangga. Negara ini mengaku bahwa di sana aman dari Corona.

Menteri Luar Negeri Bulgaria, Ekaterina Zaharieva mengatakan bahwa Bulgaria menjadi salah satu tujuan wisata teraman dunia. Hal ini dikarenakan aturan ketat yang memastikan keamanan di sektor pariwisatanya.

"Ya, Bulgaria jadi salah satu destinasi wisata yang aman di dunia," ungkapnya dalam Konferensi Pers bersama 13 negara Uni Eropa.

Pariwisata sendiri menjadi denyut nadi dalam perekonomian Bulgaria. Sektor pariwisata berhasil menghasilkan 13 persen ekonomi negara dan menyerap 11 persen lapangan kerja.

Sebagai langkah awal, Bulgaria mulai membuka jalur wisata pada 1 Juni lalu. Ada 28 negara Uni Eropa yang sudah diperbolehkan liburan ke sana tanpa ada karantina wajib 14 hari. Sedangkan 8 negara Uni Eropa lainnya masih harus dikarantina.



"Pencabutan pembatasan perjalanan di Uni Eropa harus dikoordinasikan dan sesuai dengan Paket Pariwisata dan Transportasi Komisi Eropa," ujarnya.

Negara-negara lain juga sepakat bahwa liburan musim panas ini harus terjamin jika memang mau dilakukan. Negara-negara dari Jerman, Austria, Siprus, Kroasia, Yunani, Slovenia, Spanyol, Italia, Malta, Belanda, dan wakil menteri luar negeri Perancis dan Portugal pun sepakat.



Saat dunia sudah gempar dengan Corona, Bulgaria termasuk negara yang masih 'bersih'. Negara ini baru menutup diri pada bulan April. Totalnya ada 13 negara yang dilarang masuk ke sana.

Negara-negara perbatasan yang tidak boleh masuk saat itu adalah Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Islandia, Lichtenstein, Luksemburg, Irlandia Utara, Belanda, Spanyol, Swiss, dan Inggris.

Hanya dalam waktu sebulan, Bulgaria sudah bisa kembali menggenjot industri pariwisatanya. Pada 22 Mei, Bulagaria memutuskan untuk mencabut larang masuk negara-negara Uni Eropa dan Schengen. Begitu pula negara-negara Uni Eropa lainnya.



Simak Video "Ribuan Warga Demo Menentang Pemerintah Bulgaria"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA