Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jul 2020 22:47 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pintu ke Neraka ala Suku Maya

Bonauli
detikTravel
Pintu neraka Suku Maya di Belize
(Pacz Tours/Benedict Kim) Actun Tunichil Muknal
San Ignacio -

Mitos tentang pintu neraka memang dimiliki oleh banyak negara. Yang satu ini adalah pintu neraka Suku Maya. Dulu, Suku Maya tersebar di kawasan Amerika Tengah dengan mayoritas di Semenanjung Yucatan. Dalam legendanya, Suku Maya hidup tahun 250 M hingga 925 M.

Rentang waktu tersebut memberikan banyak peninggalan. Apalagi julukan Suku Maya adalah yang terkenal maju dengan kehidupannya.

Inilah Actun Tunichil Muknal di negara Belize, sebuah gua di kawasan Tapir Mountain Nature Reserve dekat Kota San Ignacio. Gua ini begitu cantik dan menarik untuk dijelajahi karena punya sungai bawah tanah dan panjang lorongnya mencapai 6 km.

Sungainya sebening kristal, namun situs-situs operator wisata di Belize seperti Belize ATM Cave Tour, Pacz Tours dan Maya Walk Tours menulis, gua ini begitu disakralkan dan ditakuti Suku Maya.

Pintu neraka Suku Maya di BelizePintu neraka Suku Maya di Belize Foto: (Pacz Tours/Benedict Kim)

Suku Maya percaya, Actun Tunichil Muknal merupakan tempatnya Dewa Chaac (dewa hujan). Sekaligus, memiliki pintu menuju Xibalba (baca: Shee-bal-ba) yakni dunia bawah tanah alias neraka.

Maka jangan heran, jika melihat banyak tembikar dan artefak-artefak di sekitar mulut gua. Itu adalah alat-alat upacara adat Suku Maya sebagai media untuk berdoa kepada si dewa hujan. Ada semacam sesajen untuk menghormati para penjaga Xibalba yang dihuni 12 iblis.

Pintu neraka Suku Maya di BelizeTembikar Suku Maya di Belize Foto: (Pacz Tours/Benedict Kim)

Iblis-iblis itu akan memberikan kematian, penyakit, kelaparan, kemiskinan, peperangan dan masih banyak lagi. Agar tidak terjadi, maka Suku Maya memberikan tumbal berupa manusia.

Oleh sebab itulah, beberapa tengkorak dan tulang belulang manusia pun tersimpan dengan keadaan yang cukup baik di dalam guanya. Ada yang terhampar di tanah, ada pula di celah-celah bebatuan.

Actun Tunichil Muknal pertama kali ditemukan tahun 1989 dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 1998 oleh pemerintah Belize. Adalah Belize Tourism Board (badan pariwisata negara Belize) bersama Belize National Institute of Culture and History dan institut-institut arkeolog, bertugas mengurus tur-tur operator yang menawarkan paket perjalanan ke dalam gua tersebut.

Pintu neraka Suku Maya di BelizePintu neraka Suku Maya di Belize Foto: (Pacz Tours/Benedict Kim)

Actun Tunichil Mukna tak hanya berisi tengkorak-tengkorak. Gua ini gelap abadi, tidak ada cahaya sama sekali. Jika melakukan tur ke tempat ini wisatawan harus memegang pundak teman di depannya selama menelusuri gua. Sebab jika tersesat, akan sangat kerepotan.

Masyarakat setempat yang masih keturunan Suku Maya tetap pada ajaran leluhurnya. Mereka masih menganggap, kalau iblis dan Xibalba benar-benar ada di gua neraka itu.



Simak Video "Seru Banget! Main-main ke Gua Sarang di Sabang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA