Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 10:27 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 5 Negara yang Punya Midnight Sun

Bonauli
detikTravel
Midnight Sun di Islandia
Midnight Sun di Islandia (Getty Images/iStockphoto/Leamus)
Oslo -

Fenomena midnight Sun begitu spesial dan cuma menghampiri sejumlah negara. Ini dia lima negara yang tak kedatangan malam saat midnight sun.

Midnight sun atau matahari tengah malam membuat negara itu terang selama 24 jam. Midnight sun terjadi saat musim panas atau summer solitide.

Ketika itu kemiringan aksial bumi sebesar 23,5 derajat. Sehingga wilayah tersebut mengakibatkan siang lebih panjang dan matahari tetap berada di horizon.

Dirangkum detikcom, ada lima negara di lingkaran Arktik yang mengalami midnight sun:

1. Norwegia

Sebagai negara yang punya Aurora, Norwegia punya Midnight Sun yang sangat spesial. Bagaimana tidak, negara ini punya 12 wilayah yang mengalami matahari tengah malam.

Sebut saja Bodo, Harstad, Longyearbyen, Tromso, Alta, Vardo, Hammerfest dan Bardufoss. Yang paling lama ada di Longyearbyen, bisa sampai 5 bulan.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

2. Finlandia

Masih menjadi tetangga dari Norwegia, Finlandia juga mengalami fenomena midnigt sun. Finlandia mengalami terang selama 24 jam untuk waktu 2 bulan.

Julukan Finlandia adalah Land of Midnight Sun. Selama dua bulan, mulai Mei hingga Agustus, Finlandia tak akan bertemu rembulan.

Warga Finlandia biasanya berenang dan sauna saat Midnight Sun. Di bawah bias cakrawala yang kekuningan, cahaya hangat dari matahari yang tak tenggelam menjadi pemandangan yang luar biasa dinanti.

3. Swedia

Midnight Sun di SwediaMidnight Sun di Swedia Foto: (Getty Images/iStockphoto/RolfAasa)

Swedia punya tempat favorit untuk menikmati midnight aun, Taman Nasional Abisko Lapland. Biasanya banyak wisatawan yang berkemah dan bemain golf di sana.

Midnight Sun bisa dinikmati pada akhir Mei sampai pertengahan Juli. Tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Abisko, Bjorkliden, Gallivare, Jokkmokk dan di Riksgransen antara Swedia dan Norwegia.

4. Islandia

Islandia juga punya midnight sun. Fenomena ini akan terjadi dari Mei hingga Agustus. Seperti aurora yang jadi daya tarik wisatawan, operator tur di Islandia pun menawarkan wisata Midnight Sun, yaitu Golden Circle, mendaki gunung atau menonton paus.

Penduduk Islandia juga menikmati fenomena ini sambil berjalan-jalan di tengah malam. Saat malam tiba, langit akan berubah keemasan bagai senja. Namun mentari tak kunjung terbenam. Sungguh indah!

5. Kanada

Kanada punya Inuvik dan Northwest Territories yang mengalami midnight sun. Fenomena ini terjadi selama 50 hari di musim panas.

Untuk menyambut fenomena ini biasanya pemerintah setempat mengadakan Midnight Sun Fun Run untuk warganya. Mereka diajak untuk menikmati matahari tengah malam di akhir pekan.



Simak Video "InstaTalk!: Menyaksikan Fenomena Midnight Sun di Norwegia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA